Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Memaknai Peraturan Perundang-Undangan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Soppeng Riaja Kabupaten Barru

  • Juminah Juminah UPTD SMP Negeri 18 Barru, Indonesia
Keywords: hasil belajar, pembelajaran saintifik

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Memaknai Peraturan Perundang-undangan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Soppeng Riaja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Saintifik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Memaknai Peraturan Perundang-undangan Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Soppeng Riaja. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Saintifik untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Saintifik yang lebih menarik dan bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. (2003). UU RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

--------------. (2004). Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

--------------. (2005). PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

-------------. (2007). Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

-------------. (1999). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press.

Kemdiknas. (2011). Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdiknas.

-------------. (2011). Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas.

Ngalim, P. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ngalim, P. (2003). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Published
2023-02-28
How to Cite
Juminah, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Memaknai Peraturan Perundang-Undangan Menggunakan Pembelajaran Saintifik Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 3(1), 42-56. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/178