Penerapan Strategi Belajar Anticipated Guide untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Eksposisi
Abstract
Dunia pendidikan membutuhkan pembaharuan dalam melaksanakan pembelajaran agar siswa interaktif dan memahami materi pelajaran. Namun, fakta yang terjadi di sekolah bahwa siswa kurang memahami keterampilan membaca teks eksposisi yang dianggap sulit dan membosankan. Berdasarkan wawancara guru bahwa ditemukan guru belum menemukan strategi yang cocok untuk meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dan nilai siswa masih di bawah KKM sebanyak 50% siswa belum tuntas. Strategi mengajar guru merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan keaktifan dan menanamkan pemahaman siswa dalam belajar. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melihat pengaruh strategi belajar anticipated guide sebagai solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar anticipated guide untuk meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas pada siswa SMPN 3 kelas VIII B Muara Bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi anticipated guide dapat meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi. Hal ini mengandung implikasi agar kedepannya guru dapat memberikn strategi anticipated guide untuk meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi pada siswa.
Downloads
References
Aieny, M. P., & Basri, I. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 34 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 127. https://doi.org/10.24036/108273-019883
Duffelmeyer, F. . (1994). Effective Anticipation Guide statements for Learning from Expository Prose. Journal of Reading. Journal of Reading, 37(6), 452–457.
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Ismawati, K., & Susandi, S. (2020). Implementasi Metode SQ3R pada Teks Eksposisi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 650–657. Retrieved from http://202.57.31.74/index.php/prosiding/article/view/1007%0Ahttp://202.57.31.74/index.php/prosiding/article/download/1007/670
Jumadi, J., Mardian, M., & Yanti, L. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran the Power of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Eksposisi. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 59. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2064
Kosasih. (1994). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806
Manurung, A. S., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2020). Instrumen Asesmen Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 730. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13583
Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306–319.
PeraturanPemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 1–46.
Pramesti, D, U. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, 11(1), 87.
Rahmi, E. (2022). Pengaruh Strategi GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuk Basung. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014
Supriyadi. (2017). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Inovatif. E-Prosiding PBSI FKIP Universitas Jember, 209–218.
Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9–19. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/download/19211/16053
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Wiesendanger, K. (2001). Strategies for literacy education (p. 210). p. 210.
Wiesendanger, K., Braun, G., & Perry, J. (2009). Reading Horizons : A Journal of Literacy and Language Arts Recreational Reading : Useful Tips for Successful Implementation Recreational Reading : Useful Tips for Successful Implementation. 49(4).
Yuliathi, Ni Ayu. Chairil, E. (2021). Penerapan Strategi Anticipation guide sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas X IBB 1 SMA Negeri 3 Amlapura Kab. Karangasem, Bali. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran., 3(3), 77–85.