Aplikasi Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi dan Bisnis pada Siswa

  • Amir Amir STKIP Muhammadiyah Barru, Indonesia
Keywords: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Team Games Tournament

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: (1) respon peserta didik terhadap pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament, (2) peningkatan hasil belajar pengantar ekonomi dan bisnis pada materi mendeskripsikan teori kebutuhan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament, (3) penerapan model kooperatif tipe Team Games Tournament. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 65 peserta didik yang terdiri atas 30 peserta didik laki-laki dan 35 peserta didik perempuan, di Kelas X DDI Gallaraya Kecamatan Mandalle Pangkep. Peneliti melakukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Variabel yang menjadi sasaran adalah aplikasi model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi mendeskripsikan teori kebutuhan bagi peserta didik. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan, maka instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Untuk keperluan analisis data digunakan tehnik kategori tingkat penguasaan materi. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Meningkatnya aktivitas pendidik yaitu 80% pada siklus I, 81% pada siklus II, dan 90% pada siklus III, (2) Meningkatnya aktivitas peserta didik pada setiap siklusnya, (3) Respon peserta didik terhadap model TGT cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran . Bandung. Alfabeta.

Deuth 2005. Cooperative Learning. Bandung : Nusamedia

Gintings Abdorakhma. 2008. Belajar dan Pembelajaran Yogyakarta : Humaniora

Hamalik Oemar. 2012. Psikologis Belajar dan Mengajar . Bandung : Sinar Baru Algensindo

Nurhayati. 2007, Peningkatan Hasil Belajar IPA FISIKA Melalu Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Siwa Kelas IIb SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Makassar FMIPA UNM (http://Misterchand89.blogspot.com//2013/03/. Diaskes hari rabu tanggal 20 November 2015 pukul 15:00

Slavin E Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung : Nusamedia.

Sudijono Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2004. Uji validitas dan reabilitas (http://teorionline.wordpress.com/2010/01/24/uji-dan reareliabilitas) diakses pada tanggal 18 februari 2016.

Sukiro Sadono. 2004. Pengantar Teori Mikro Ekonomi : PT Raja Grafindo Persada.

Sukmadi, 2010. Pengantar Ekonomi Bisnis. Bandung.: Humaniora.

Suryabrata Sumadi. 2011. Metologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Taufik Akbar. 2009. Penerapan Pembelajaran kooperatif Dengan Pendekatan TGT (Teams Game Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika peserta didik kelas VII SMP 2 Pangkep. Makassar FMIPA UNM.

Trianto. 2007. Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Zainal 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Published
2022-02-25
How to Cite
Amir, A. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi dan Bisnis pada Siswa. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 50-67. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/130