Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Menggunakan Media Pembelajaran VCD dan Metode Kerja Kelompok

  • Sitti Aminah MTS Negeri Barru, Indonesia
Keywords: aktivitas, hasil belajar, media pembelajaran VCD, metode kerja kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemandirian belajar siswa, (2) pemahaman konsep IPS, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX.6 MTS Negeri Barru Kabupaten Barru tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan   dalam   2   siklus  dengan   masing-masing  siklus  terdiri   dari   3 pertemuan.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  IX.6 MTs Negeri Barru  Kabupaten Barru sebanyak 26 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kemandirian belajar pada siklus I mencapai rata-rasa pesersentase sebesar 60,64%, hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan siswa masih kurang percaya diri, belum memiliki inisiatif belajar, dan masih menggantungkan diri kepada orang lain. Kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 82,96% Pada Siklus II siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Pada pemahaman konsep IPS di siklus I sebesar 68,64% menunjukkan bahwa siswa belum dapat mengklarifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat  tertentu,belum  dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, siswa belum dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 80,03% adanya alat peraga berupa VCD dan lembar  kegiatan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Begitu juga dengan prestasi belajar IPS siswa yaitu 37.5% sebelum dikenai tidakan meningkat menjadi 40,91% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,82% pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran VCD dan Metode Kerja Kelompok dapat meningkatkan kemandirian belajar, pemahaman konsep IPS dan prestasi belajar pada siswa kelas IX.6 MTS Negeri Barru Kabupaten Barru tahun Pelajaran 2018/2019 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Saif Fajri. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media VCD Pembelajaran pada Siswa Kelas IX A MTs Nurul Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009 – 2010. Skripsi. Tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial.

Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arif, Sardiman dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi, dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Catharina, 2006. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Pokok Bahasan Pengerjaan Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Semester 1 SDN Perumas Krapyak 2006. Skripsi Tidak diterbitkan. UNES. 2006

Darmawan Dwi Agung, 2006. Metode Pembelajaran dan Penerapannya di Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Departemen pendidikan dan kebudayaan. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fakultas Ilmu Sosial. 2008. Panduan, Bimbingan, Penyusunan, Pelaksanaan Ujian, dan Penelitian Skripsi Mahasiswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, Oemar. 2009. Dasar–Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Hayati. 2001. Penggunaan Gambar Cetak dalam Pembelajaran IP{S Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IXI Semester II Di SMP Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 208 – 2009. Skripsi. Tidak diterbitkan Semarang: Fakultas Ilmu Sosial.

Kuntowijoyo, 1995. Menuju Pendidikan Bermutu. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya.

Munadi Yudi. 2010. Media Pembelajaran. Pustaka Iilmu: Jakarta.

N. K, Rostiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Nurkancana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurman Arif, Miftakhul. 2007. Efektifitas Penggunaan VCD dan Gambar Cetak dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kondisi fisik Wilayah Indonesia pada Kelas IXI Semester II Di SMP Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2007 – 2008. Skripsi tidak diterbitkan, Semarang : Fakultas Ilmu Sosial.

Rahadi, Arsita. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja.

Sardiman, 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryo, dkk. 1991. Strategi Belajar Mengajar 1. Semarang: Tim Pengadaan Buku Pelajaran IKIP Semarang.

Sudjana, Nana. 1991. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai, 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja.

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja.

Suryobroto, 1997. Pengelolaan Kelas. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Wibawa, Basuki, 2003. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja.

Wikipedia, VCD. http:id.wikipedia.org/wiki/VCD.8 Pebruari 2016.

Winatasaputra, 2004. Penerapan Strategi Pembelajarn Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IXI.B MTs Diniyah Putri Pekan Baru Pada Pokok Bahasan Garis-Garis Pada Segitiga. Skripsi. tidak diterbitkan. UNES.

Winardi, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Published
2022-02-25
How to Cite
Aminah, S. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Menggunakan Media Pembelajaran VCD dan Metode Kerja Kelompok. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 35-49. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/129