MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMUKUL BOLA KASTI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA GANTUNG

  • Abdul Kadir SD Negeri 83 Kec. Bacukiki, Indonesia
Keywords: kemampuan memukul, bola kasti, media bola gantung

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memukul bola kasti dengan menggunakan media bola gantung pada siswa kelas V SD Negeri 83 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare, dengan jumlah siswa 29 orang. Siklus I dan II masing-masing dilaksanakan 3 kali pertemuan dengan tes siklus pada tiap pertemuan terakhir. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes unjuk kerja, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tes praktek/ unjuk kerja dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kelincahan dan kecepatan dalam bermain bola kasti dengan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 83 Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata tes praktek dari 57 menjadi 85 dengan ketuntasan 100% pada siklus II. Pada tahap observasi pada siklus I berkategori Cukup dan pada siklus II berkategori Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Obaydi, L. H., Nashruddin, N., Rahman, F. F., & Suherman, L. O. A. (2021). The Use of Action Research in EFL Socio-professional Context: Students-teachers’ Perceptions. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 4(2), 232-240.

Albashtawi, A., & Al Bataineh, K. (2020). The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(11), 78-88.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Djamarah, S. B., & Zaim, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Engkos, S. R. (1994). Penjaskes. Jakarta: Erlangga.

Husni, A. (1987). Buku Pintar Olahraga. Jakarta: CV. Mawar Gempita.

Koul, R., Lerdpornkulrat, T., & Poondej, C. (2018). Learning environments and student motivation and engagement: A review of studies from Thailand. Asian Education Miracles, 241-255.

Kövecses-Gősi, V. (2018). Cooperative learning in VR environment. Acta Polytechnica Hungarica, 15(3), 205-224.

Muhajir. (1998). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SMU Kelas 2. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, T. F., & Hutauruk, A. F. (2020). The application of cooperative learning model during online learning in the pandemic period. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(3).

Slamet, S. R. (1994). Penjaskes 3. Jakarta: Tiga Serangkai.

Suharno. (1986). Ilmu Kepelatihan Olah Raga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1-14.

Syarifuddin, A. (1997). Penjaskes 1, 2, 3. Jakarta: PT. Gramedia Widiasmara Indonesia.

Thabtah, F., & Peebles, D. (2020). A new machine learning model based on induction of rules for autism detection. Health informatics journal, 26(1), 264-286.

Published
2022-02-25
How to Cite
Kadir, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMUKUL BOLA KASTI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA GANTUNG. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 27-34. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/128