Efektivitas Pelaksanaan Workshop Teknologi Informasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah

  • Nur’aeni T. Rasyidi Madrasah Ibtidaiyah DDI Ance, Indonesia
Keywords: kompetensi, profesional, workshop, teknologi informasi

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah pokok tentang bagaimana efektivitas workshop Teknologi Informasi (TI) pembelajaran terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di MI DDI Ance Kabupaten Barru. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas workshop TI Pembelajaran terhadap peningkatan kompetensi profesional guru di MI DDI Ance Kabupaten Barru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design. Sampel penelitian adalah 9 orang guru MI DDI Ance Kab. Barru, dengan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan kategori pemahaman guru sebelum tentang TI pembelajaran dengan kategori yang sangat baik tidak ada, kategori baik sebanyak 1 responden atau 11%, kategori cukup sebanyak 5 responden atau 56%, kurang 2 responden atau 22 %, dan sangat kurang ada 1 responden atau 11%. Pada kegiatan sesudah workshop TI, pemahaman guru pada kategori sangat baik sebanyak 5 responden atau 56%, kategori baik sebanyak 3 responden atau 33%, sedang 1 responden atau 11% berada pada kategori cukup, untuk kategori kurang dan sangat kurang tidak ada. Dan pada taraf 5% atau 0,050, adalah 2,26. Maka dapat diketahui bahwa: ttabel 2,26< t0 12,6. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan workshop TI pembelajaran efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru MI DDI Ance Kab. Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisandi, A., & Vanissa, R. (2020). Motivational Factors to Become EFL Teachers. JELITA, 1(2), 1-11.

Burbules, N. C., & Callister, T. A. (2018). Watch IT: The risks and promises of information technologies for education. New York: Routledge.

Cheng, E. C. K. (2017). Managing school-based professional development activities. International Journal of Educational Management, 31(4), 445-454. doi: https://doi.org/10.1108/IJEM-02-2016-0042

Cochran-Smith, M., Grudnoff, L., Orland-Barak, L., & Smith, K. (2020). Educating teacher educators: International perspectives. The New Educator, 16(1), 5-24.

Deb, S. (2014). Information technology, its impact on society and its future. Advances in Computing, 4(1), 25-29.

Fauzi, A. (2008). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Grimmett, H., Forgasz, R., Williams, J., & White, S. (2018). Reimagining the role of mentor teachers in professional experience: Moving to I as fellow teacher educator. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 46(4), 340-353.

John, S. P. (2013). Influence of computer self-efficacy on information technology adoption. International Journal of Information Technology, 19(1), 1-13.

Lee, H. S., Mojica, G. F., & Lovett, J. N. (2020). Examining How Online Professional Development Impacts Teachers' Beliefs about Teaching Statistics. Online Learning, 24(1), 5-27.

Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School Policies on the Use of Android Devices in Students Learning Activities during the Covid-19 Pandemic Condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.

Pan, G., & Seow, P. S. (2016). Preparing accounting graduates for digital revolution: A critical review of information technology competencies and skills development. Journal of Education for business, 91(3), 166-175.

Pegu, U. K. (2014). Information and communication technology in higher education in india: Challenges and opportunities. International Journal of Information and Computation Technology, 4(5), 513-518.

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2019). The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. Computers & Education, 128, 13-35.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jakarta: Erlangga.

Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The effect of cooperative learning, motivation and information technology literacy to achievement. International Journal of Learning & Development, 4(2), 58-64.

Webb, M., Gibson, D., & Forkosh‐Baruch, A. (2013). Challenges for information technology supporting educational assessment. Journal of Computer Assisted Learning, 29(5), 451-462.

Yasmin, M., Sohail, A., Sarkar, M., & Hafeez, R. (2017). Creative methods in transforming education using human resources. Creativity Studies, 10(2), 145-158.

Published
2022-02-25
How to Cite
Rasyidi, N. T. (2022). Efektivitas Pelaksanaan Workshop Teknologi Informasi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 19-26. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/127