Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Kartu Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Kasriah Dahlan TK Darmawanita Jalanru, Indonesia
Keywords: konsep bilangan, media, kartu angka

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di TK DW Jalanru kelompok B ternyata masih banyak atau ada beberapa anak didik mengalami kesulitan dalam hal kemampuan berhitung. Kami sebagai pendidik mencari solusi untuk mengatasi masalah anak dalam kemampuan berhitung dengan cara bermain mengenal konsep bilangan melalui media kartu angka bergambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu angka dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan sangat disenangi oleh anak didik TK DW Jalanru. Pada siklus I anak sudah mampu mengurutkan angka 1-10 sesuai dengan gambar. Sedangkan siklus II anak sudah mampu menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan. Penggunaan media kartu angka dalam pembelajaran penjumlahan permulaan, dapat mengoptimalkan potensi kognitif. Hal ini karena penggunaan media kartu angka bergambar sebagai sumber belajar dapat memberikan kesempatan kepada anak didik untuk mendapatkan pengetahuan dan memfasilitasi anak untuk menyalurkan keingintahuannya yang kuat dan antusias terhadap banyak hal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhillah, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8, 235–245.

Indriani, I. (2013). Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 pada Anak Tunagrahita Ringan. JASSI ANAKKU, 12(2), 143-152.

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113.

Liwis, N. W. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng Gugus V Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1), 116-126.

Montolalu, B. E. F. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas xi smk. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nasional, K. P. (2010). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Setyowati, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bagi Anak Kelompok B Pada TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar Tahun 2012/2013. (Sarjana), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprahbawati, N., & Komalasari, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan dengan Menggunakan Metode Montessori untuk Anak Usia 3–4 Tahun di PPT Ananda Tandes Surabaya. Jurnal: PAUD Teratai, 3(3), 1-6.

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Dengan Microsoft Powerpoint Ispring Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

Susanto, A. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Ulifah, U., & Khotimah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Kedunglengkong Dlanggu Kabupaten Mojokerto. PAUD Teratai, 3(3), 1–5.

Zaman, B., Hernawan, A. H., & Eliyawati, C. (2008). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-02-25
How to Cite
Dahlan, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Kartu Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 9-18. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/126