Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Reflect) Siswa Kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Palopo

  • Sukmawati Syamsul SMA Negeri 1 Palopo, Kota Palopo, Indonesia
Keywords: kemampuan membaca, intensif, metode SQ4R

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca intensif dengan menggunakan metode SQ4R (Survey, Qustion, Read, Review, Recite, Reflect) siswa kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Palopo. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XII MIPA 7, dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini dibagi menjadi analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan 58,4 % siswa yang aktif, berarti masih kurang dari target ≥ 75% dari hasil membaca intensif hanya mencapai 53% siswa mencapai nilai 70 ke atas.  Pada siklus II,  menunjukkan 85% siswa yang aktif mengikuti pembelajarn dan persentase siswa 87 % dari target ≥ 75 % siswa memeroleh nilai 70 ke atas., ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebagai dampak dari peningkatan proses pembelajaran  setelah menggunakan metode SQ4R (Survey, Qustion, Read, Review, Recite, Reflect).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, S. (2012). Strategi Kesopanan Berbahasa Masyarakat Bugis Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Bahasa dan Seni, 40(1), 1-13.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahdar, R. (2006). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif melalui Pembelajaran Kooperatif Model Pendidikan Kelompok Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 17 Makassar. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Burns, A. (2009). Action Research in Second Language Teacher Education. In A. Burns & J. C. Richard (Eds.), The Cambridge Guide to Second Language Teacher Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Hartono, R. (2012). Translation Problems of Idioms and Figurative Languages from English into Indonesian. Paper presented at the UNNES International Conference on ELTLT (English Language Teaching, Literature, and Translation).

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1990). The Action Research Planner. Geelong: Deakin University Press.

Muchlich, M. (2007). KTSP, Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Nasution. (1995). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nindarwati, R. (2005). Improving the Students’ Reading Ability by Using Task-Based Learning Activities Related to Text. Thesis. Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. Surakarta.

Nurgiantoro, B. (1995). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yokyakarta: BPEE.

Nurhadi. (2005). Membaca cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Projects, N. A. R. A. (2006). Defining Reading Proficiency for Accessible Largescale Assessments-Some Guiding Principles and Issues. Minneapolis, MN: Author.

Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, & Guntur, H. (2008). Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tosun, S. (2015). The effects of blended learning on EFL students’ vocabulary enhancement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199(1), 641-647. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.07.592

Usma, F. (2007). Peningkatan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa SMA Negeri 1 Kota Palopo. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Usman, A., & Kaco, N. (2011). Peneltian Tindakan Kelas (Pengantar ke dalam Pemahaman Konsep aplikasi). Makassar: UNM.

Williams, E. (1984). Reading in the Language Classroom. New York: Macmillan.

Woriyodijoyo. (1989). Membaca: Strategy Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.

Published
2021-08-07
How to Cite
Syamsul, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Reflect) Siswa Kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Palopo. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 149-162. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/123