Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru

  • M. Sayuti Sayuti MI DDI Lalabata Tanete Rilau, Kab. Barru, Indonesia
Keywords: peran, orang tua, mutu pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Persoalan pokok yang akan dikaji dalam karya tulis ilmiah ini adalah bagaimana orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Lalabata Kec. Tanete Rilau Kab. Barru? Dengan batasan masalah sebagai berikut bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI DDI Lalabata Kec. Tanete Rilau Kab. Barru? dan apakah ada pengaruh orang tua dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI DDI Lalabata Kec. Tanete Rilau Kab. Barru? Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan, bahwa ada beberapa peran orang tua yang sangat berpengaruh dalam peningkatan mutu pendidikan di MI Lalabata Kecamatan Tanete Rilau adalah peran financial merupakan dukungan orang tua yang digunakan untuk membayar sejumlah kebutuhan pembelajaran. Sarana dan prasarana merupakan dukungan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, baik oleh siswa maupun guru. Dukungan orang tua untuk pelaksanaan program pembelajaran juga dapat diberikan dalam bentuk tenaga dan keterampilan. Guru maupun siswa dalam pelaksanaan pembelajaran memerlukan dukungan moril dari masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amijoyo, P. S., & Robert, K. C. (2009). Kamus Inggris-Indonesia. Semarang: PT. Widya Karya.

Kasper, G., & Roever, C. (2005). Pragmatics in second language learning Handbook of research in second language teaching and learning (pp. 341-358): Routledge.

Kemdikbud. (2002). Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2013). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (5th ed.). Jakarta: Sinar Grafika.

Nashruddin, N., Alam, F. A., & Harun, A. (2020). Moral Values Found in Linguistic Politeness Patterns of Bugis Society. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 132-141.

Nitko, A. (1996). Educational Assessment of Students (2nd ed.). Ohio: Merrill and Imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs.

Noname. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan mutu Pendidikan. from https://www.sekolahdasar.net/2015/08/peran-orang-tua-dalam-meningkatkan-mutu-pendidikan.html,.html

Oborn, K. M., & Johnson, L. D. (2015). Coaching via electronic performance feedback to support home visitors’ use of caregiver coaching strategies. Topics in Early Childhood Special Education, 35(1), 157–169.

Osborn, D. S., Hayden, S. W., Peterson, G. W., & Sampson, J. P. (2016). Effect of Brief Staff-Assisted Career Service Delivery on Drop-In Clients. Career Development Quarterly, 64(2), 181–187. doi: https://doi.org/10.1002/cdq.12050

Safruddin. (2005). Manajemen lembaga pendidikan islam. Jakarta: PT. Ciputat Pers.

Sagor, R. (2005). The Action Research Guidebook: A Four-Step Process for Educators and School Teams. Thousand Oaks: Corwin Press.

Published
2021-08-07
How to Cite
Sayuti, M. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 139-148. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/122