Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kooperatif di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-banga Kabupaten Barru

  • Masdinar Masdinar MI DDI Banga-banga, Kab. Barru, Indonesia
Keywords: supervisi akademik, mutu pembelajaran, madrasah

Abstract

Penelitian ini membahas tiga pokok rumusan masalah yaitu bagaimana mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga Kabupaten Barru? Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga Kabupaten Barru? Dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga. Sumber data penelitian adalah Kepala Madrasah dan guru. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi data dan Member Check. Dan untuk pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga sudah bagus. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu indikator mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-Banga dapat dilihat antara lain dari perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar peserta didik, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huberman, M. (1989). The lives of teachers. New York: Teachers College Press.

Hutteman, R., Nestler, S., Wagner, J., Egloff, B., & Back, M. D. (2015). Wherever I may roam: Processes of self-esteem development from adolescence to emerging adulthood in the context of international student exchange. Journal of Personality and Social Psychology, 108, 767–783. doi: 10.1037/pspp0000015

Johnson, O., Jabbari, J., Williams, M., & Marcucci, O. (2019). Disparate Impacts: Balancing the Need for Safe Schools With Racial Equity in Discipline. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 6(2), 162-169.

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004; Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nashruddin, N., & Tanasy, N. (2021). School Policies on the Use of Android Devices in Students Learning Activities during the Covid-19 Pandemic Condition. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 66-73.

Nitko, A. (1996). Educational Assessment of Students (2nd ed.). Ohio: Merrill and Imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pidarta, M. (1990). Cara belajar di Universiti Negara Maju: Suatu Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.

Rasyid, M. A. (2012). Introduction to TEFL. Unpublished Presentation. Makassar State University. Makassar.

Ridha, A., & Miftin, M. (2015). Silence as A Term. Journal of the Faculty of Education of Educational and Human Sciences Babylon University, 24, 211-223.

Sallis, E. (1993). Total Quality Management, Alih bahasa Ahmad Ali Riyadi. Yogyakarta: Ircisod.

Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Suharta, A. (2011). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli Mini. Jurnal Iptek Olahraga, 13(2), 166-180.

Syafaruddin. (2008). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Published
2021-08-07
How to Cite
Masdinar, M. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kooperatif di Madrasah Ibtidaiyah DDI Banga-banga Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 118-126. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/120