Partisipasi Komite Madrasah dalam Program Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru

  • Kartini Kartini MA Guppi Ralla Tanete Riaja, Kab. Barru, Indonesia
Keywords: Komite Madrasah, pendidikan karakter, program pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pokok masalahnya adalah (1) bagaimana partisipasi komite madrasah dalam program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete, (2) bagaimana program pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja, (3) apakah faktor pendukung dan penghambat Komite Madrasah terhadap program pendidikan karakter Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komite Madrasah Aliyah Guppi Ralla sebagai badan pertimbangan memiliki keterbatasan baik itu dalam hal anggaran maupun hal tenaga kependidikan. Sebagai badan pendukung, komite ikut serta berperan memantau kondisi ketenagaan pendidikan guru dan non guru; sebagai badan pengontrol komite memantau pelaksanaan program madrasah. Organisasi madrasah memantau penjadwalan program madrasah, alokasi anggaran untuk pelaksanaan program madrasah maupun sumber daya pelaksana program, dan partisipasi stakeholder pendidikan dalam pelaksanaan program madrasah. Sebagai badan penghubung, setiap keputusan yang dihasilkan dalam rapat disampaikan kepada madrasah untuk ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Karpa, K., Vakharia, K., Caruso, C., Vechery, C., Sippie, L., & Wang, A. (2015). Medical student service learning program teaches secondary students about career opportunities in health and medical fields. How We Teach: Generalizable Education Research, 39(2), 315–319.

Karsidi, R. (2001). Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Pustaka Wirausaha Muda.

Kepmen. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Grafika.

Masaong, A. K. (2010). Supervisi Pendidikan. Bandung: MQS Publishing.

Mikkelsen, B. (1999). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks CA: Sage Publication.

Mubyarto. (1997). Gerakan Nasional Penanggulangan Kemiskinan, Kajian Bersama Pengembangan Kebijaksanaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Muslih, M. (2018). The Influence of Budgeting System, Organizational Culture, and Firm Size to Performance. FIRM Journal of Management Studies, 3(2).

Narkubo, S. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashruddin, N., & Al-Obaydi, L. H. (2021). Linguistics Politeness in Reinforcing Character During Learning Activities. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(1), 210-217.

Nasution. (1995). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nicholas, D., Boukacem-Zeghmouri, C., Rodríguez-Bravo, B., Xu, J., Watkinson, A., Abrizah, A., & Świgoǹ, M. (2017). Where and how early career researchers find scholarly information. Learned Publishing, 30(1), 19–29. doi: https://doi.org/10.1002/leap.1087

Nuh, M. ( 2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 81 A. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama. Bandung.

Olson, J. M. (2003). Special Education and General Education Teacher Attitudes Toward Inclusion. Wisconsin-Stout: University of Wisconsin-Stout.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Published
2021-08-07
How to Cite
Kartini, K. (2021). Partisipasi Komite Madrasah dalam Program Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Guppi Ralla Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 105-117. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/119