Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Project Based Learning

  • Nur Amalia Halid UPTD SMPN 7 Barru, Indonesia
Keywords: Tugas proyek, Project Based Learning, aktivitas siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan nilai tugas proyek melalui kegiatan project based learning siswa kelas VII.1 UPTD SMP Negeri 7 Barru, (2) mengubah secara positif kemampuan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan project based learning siswa, (3) mengubah secara positif aktivitas siswa dalam melaksanakan kegiatan project based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 7 Barru, di mana peneliti merupakan salah satu tenaga pengajar bahasa Indonesia, sehingga memudahkan pelaksanaan penelitian. Sedangkan setting ditetapkan pada siswa kelasVII. 1, merupakan bagian dari peserta didik di kelas ini memiliki banyak permasalahan nilai tugas projek, yaitu nilai tugas projek semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021, tidak mencapai KKM sebanyak 78%. Rerata nilai tugas projek yang diperoleh hanya mencapai 70,42 tergolong kategori cukup berarti tidak mencapai standar kategori baik. Peneliti dapat memutuskan bahwa nilai tugas proyek dapat ditingkatkan melalui kegiatan project based learnin. Hasil yang dicapai tiap siklus terdapat peningkatan rata-rata selisih 9,27 dan meningkat kategori cukup menjadi baik. Dengan demikian, kegiatan project based learning dapat meningkatkan nilai tugas proyek siswa kelas VII.1 UPTDĀ  SMP Negeri 7 Barru Kabupaten Barru semester satu tahun pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2005). Kurikulum dan Silabus PendidikanKewarganegaraan. Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Darmawan, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. (Bachelor), Universitas Negeri Malang, Malang.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Diniah, K. (2017). Efektifitas Pelatihan Teknik Konfrontasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Kompetensi Sosial Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Autis di Yogyakarta. (Thesis), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Efriana, L. (2021). Problems of Online Learning during Covid-19 Pandemic in EFL Classroom and the Solution. JELITA, 2(1), 38-47.

Fadilah, R. (2013). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 SukoharjoTahun Ajaran 2012/2013. (Bachleor), Universitas Sebelas Maret., Solo.

Froebel, F. A., Montessori, M., Dewey, J., & Russell, B. (2002). Textbook of educational philosophy. London: McMillan Ltd.

Gaer, S. (1998). What is Project-Based Learning? , from http://members.aol.com/CulebraMom/pblprt.html.

Gagne, R. M. (2008). Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2006). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (8th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hakim. (2011). Mengatasi rasa percaya diri. Jakarta: Purwa Suara.

Hammoud, M. S., Bakkar, S. B., Shendi, Y. A. A., & AlRujaibi, Y. S. (2019). The relationship between alexithymia and career decision -making self-efficacy among Tenth and Eleventh - grade students in Muscat Governorate. The International Journal of Counseling and Education, 4(2), 45-58.

Hatch, T. (2014). The use of data in school counseling: Hatching results for students, programs, and the profession. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Nashruddin, N., & Al-Obaydi, L. H. (2021). Linguistics Politeness in Reinforcing Character During Learning Activities. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 8(1), 210-217.

Natek, L. (2011). Techniques for Teaching English. Retrieved October, 6, 2011, from http://www.ehow.com/info 8292754 techniques-teaching-english.html#ixzzl TNQ9SFz7

Nesje, K., Brandmo, C., & Berger, J.-L. (2018). Motivation to Become a Teacher: a Norwegian Validation of the Factors Influencing Teaching Choice Scale. Scandinavian Journal of Educational Research, 62(6), 813-831. doi: 10.1080/00313831.2017.1306804

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Slavin, Arends, & Heinich. (2002). Project Based learning. from https://duniagil.wordpress.com/2011/12/24/project-based-learning/

Smith, R. C. (2012). Situational Language Teaching. ELT Journal, 2(4), 71-79.

Sumadi. (1989). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. from http://orangmajalengka.blogspot.com/2012/06/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar.html

Thomas. (2000). Project Based learning. from https://duniagil.wordpress.com/2011/12/24/project-based.learning/

Published
2021-08-07
How to Cite
Halid, N. A. (2021). Meningkatkan Nilai Tugas Proyek Bahasa Indonesia melalui Kegiatan Project Based Learning. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(2), 87-104. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/118