Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Spoof melalui Metode Storytelling di Kelas XI MA

  • Hidayah Hidayah MA Putri DDI Mangkoso, Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Teks Spoof, Metode Storytelling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara  dalam pembelajaran teks spoof melalui metode Storytelling di kelas XI IPA MA Putri DDI Mangkoso Kabupaten Barru. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dirancang untuk membantu guru menemukan dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Bentuk kajian PTK bersifat reflektif oleh pelaku tindakan dengan tujuan memperbaiki kondisi tempat praktik pembelajaran itu dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tindakan kelas yang memiliki rumusan masalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara  dalam pembelajaran teks spoof melalui metode Storytelling di kelas XI IPA MA Putri DDI Mangkoso Kabupaten Barru terjawab dengan hasil rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari 69 pada siklus I menjadi 87 di siklus II.juga pada observasi siswa bekategori cukup pada siklus I dan berketgori sangat baik pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. (2008). Mendongeng sebagai Energi bagi Anak. Jakarta: Rumah Ilmu Indonesia.

Asfandiyar, A. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Boltman, A. (2001). Children’s Storytelling Technologies: Differences in Ellaboration and Recall. from http://itiseer.1st.psu.edo/563253.html

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Ebel, R. L. (1972). Essential of Educational Measurement. New York: Prentice-Hall.

Fakhrudin, M. (2009). Pelatihan Teknik Mendongeng bagi Guru Taman Kanak-Kanak se-Kabupaten Purworejo. Cara Mendongeng. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo.

Greene, E. (1996). Storytelling Art &Technique. USA: Reed Elsevier.

Oliver, S. (2008). Storytelling. USA: Reed Elsevier.

Rofiuddin, A., & Zuhdi, D. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tarigan. (1989). Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Trosborg, A. (1994). Interlanguage Pragmatics: requests, complaints, and apologies. New York: Mouton de Gruyter.

Ulfa, Z., Atmowardoyo, H., & Mahmud, M. (2015). Teacher’s Verbal Politeness Strategies in EFL Classroom. Thesis Article. State University of Makassar. Makassar.

Volosinov, V. N. (1973). Marxism and Philosophy of Language. New York: Seminar Press.

Wiriatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Published
2021-02-07
How to Cite
Hidayah, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Spoof melalui Metode Storytelling di Kelas XI MA. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(1), 60-68. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/115