Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas X MIA-1 SMA

  • Mukminah Mukminah SMA Negeri 1 Barru, Indonesia
Keywords: KEM, Membaca Cepat, Metode Klos

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca (KEM) siswa kelas X MIA-1SMA Negeri 1 Barru dengan menggunakan metode klos, dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kegiatan pembelajaran jumlah siswa yang memperoleh nilai KEM dengan kategori sangat rendah 20 atau 83,3 %  siswa, dan hanya 4 orang yang mampu mencapai KEM tinggi atau 16,7%. Hasil uji kemampuan isian rumpang pada siklus I yaitu: (1) Tingkat Independen 7 siswa = 17,5 %, (2) Tingkat Instruksional 8 siswa = 37,5 %, (3) Tingkat Frustasi 9 siswa = 45 %. Pada siklus II jumlah siswa yang memperoleh nilai KEM dengan kategori sangat rendah tinggal 1 atau 4,2% siswa, dan yang memperoleh nilai KEM tinggi menjadi 23 orang atau 95,8%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan siswa dalam membaca cepat dengan metode klos mengalami peningkatan secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Austin, J. L. (1962). How to Do Things with Word (2nd ed.). Oxfod: Oxfod University Press.

Bengrait, N. (2020). Analysis of Algerian Students English Intonation Deviations with the Employment of Speech Analyzer and Praat Programmes. Journal of Studies in Language, Culture and Society, 3(1), 27- 65.

Brigman, G., & Campbell, C. (2003). Helping students improve academic achievement and school success behavior. Professional School Counseling, 7, 91–98.

Chireshe. (2011). The State of Teaching Practice Planning at a Rural University in South Africa. from http://www.krepublishers.com/02-Journals

Crystal, D. (2013). Clinical Linguistics. New York: Springer-Verlag Wien.

Cviko, A., McKenney, S., & Voogt, J. (2014). Teacher roles in designing technology-rich learning activities for early literacy: A cross-case analysis. Computers & Education, 72, 68–79. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.014

DiCerbo, P. A., Anstrom, K. A., Baker, L. L., & Rivera, C. (2014). A review of the literature on teaching academic English to English language learners. Review of Educational Research, 84(3), 446-482.

Doiz, A., & Elizari, C. (2013). Metaphoric competence and the acquisition of figurative vocabulary in foreign language learning. ELIA, 13, 47-82.

Eriyanto. (2003). Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.

Hamlaoui, N., & Bengrait, N. (2016). Using Better Accent Tutor and Praat for the Learning of English Intonation. Arab World Journal of English Studies, 7(3), 99-112.

Harjasujana, A. S. (1996). Membaca 2. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Menengah Umum.

Heift, T., & Schulze, M. (2015). Tutorial Computer-assisted language learning. Language Teaching, 48(4), 471-490.

Kasmidjan. (1996). Teori Membaca. Surabaya: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kennedy, X. J. (1983). Literature: An Introduction to Fiction, Poetry, and Drama. Toronto: Little Brown Company.

Lee, B. (2015). EFL Learners’ Perspectives on ELT Materials Evaluation Relative to Learning Styles. RELC Journal, 46(2), 147–163.

Nashruddin, N. (2019). Teknik Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.

Soedarso. (2000). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Subyakto, S. U. (1988). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumarsih, Siregar, M., Bahri, S., & Sanjaya, D. (2014). Code Switching and Code Mixing in Indonesia: Study in Sociolinguistics. English Language and Literature Studies, 4(1), 77. doi: https://doi.org/10.5539/ells.v4n1p77

Suranto, B. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Tarigan. (1989). Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Thomas, L. (2007). Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wellek, W. (1990). Teori Kesusastraan (terjemahan Malni Budianta). Jakarta: PT Gramedia.

Published
2021-02-07
How to Cite
Mukminah, M. (2021). Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas X MIA-1 SMA. Jurnal Edukasi Saintifik, 1(1), 51-59. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/114