Meningkatkan Kemampuan Guru melalui Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG)

  • Nurdiati Nurdiati SDN Bottolampe Barru, Indonesia
Keywords: Kemampuan Guru, Pemberdayaan, Kelompok Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru melalui pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG) sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini melibatkan 9 orang guru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru SD Negeri Bottolampe melalui KKG sekolah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada dua siklus, juga pada hasil tes yang dilakukan, terlihat peningkatan hasil tes postes secara signifikan. Pada sebaran angket yang dilakukan untuk mengetahui persepsi/pendapat guru tentang KKG sekolah, hasil angket berada pada nilai 84,6%. Dengan demikian guru merasakan manfaat langsung dari KKG sekolah untuk meningkatkan kemampuan mereka. Peneliti merekomendasikan kepada guru agar: (1) memanfaatkan kegiatan KKG sekolah sebagai wadah pemberdayaan untuk meng-up grade kemampuan profesionalnya (2) memanfaatkan KKG sekolah untuk menjalin silaturahim dan pengembangan ilmu pengetahuan. Kepada pengawas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Barru:  agar mengupayakan semua sekolah dalam koordinasinya memaksimalkan peran KKG sekolah dalam mengembangkan kualitas dan kemampuan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Artiles, A., E. B., Koleski, S. D., & Christensen, C. (2006). Learning in Inclusive Education Research: Re-Mediating Theory and Methods With a Transformative Agenda. In J. Green & A. Luke (Eds.), Review of Research in Education (Vol. 30, pp. 65–108). Washington, DC: American Educational Research Association.

Bafadal, I. (2006). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Chang, M. (2009). Learning Culture and Language through ICTs : Methods for Enhanced Instruction. London: Information Science Reference.

Chun, D., Kern, R., & Smith, B. (2016). Technology in Language Use, Language Teaching, and Language Learning. The Modern Language Journal, 100, 64-80.

Cviko, A., McKenney, S., & Voogt, J. (2014). Teacher roles in designing technology-rich learning activities for early literacy: A cross-case analysis. Computers & Education, 72, 68–79. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.014

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesioanl Tenaga Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Diniah, K. (2017). Efektifitas Pelatihan Teknik Konfrontasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Kompetensi Sosial Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Autis di Yogyakarta. (Thesis), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mantja, W. (2008). Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas.

Markley, T. (2011). Defining the effective teacher. from http://www.usca.edu/essays/vol112004/markey.pdf

Mayer, R., E. (2014). Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Sudjana. (1999). Metode Statistika. Bandung: Penerbit Transito.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahrul, R. (2008). Pragmatik Kesantunan Berbahasa: Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press.

Unal, Z., & Unal, A. (2012). The Impact of Years of Teaching Experience on the Classroom Management Approaches of Elementary School Teacher. International Journal of Instruction, 5(2), 41-60.

Wahjo, S. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2021-02-07
How to Cite
Nurdiati, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru melalui Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Edukasi Saintifik, 1(1), 29-41. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jes/article/view/112