Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Perpaduan Ceramah Bervariasi dan Model Pembelajaran Bermain Peran
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi Perhitungan Kurs Valuta Asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran pada Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng, Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Bantaeng. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar pengamatan untuk mengukur motivasi siswa. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dan peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran materi perhitungan kurs valuta asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran.
Downloads
References
Arikan, A. (2008). The Effective English Language Teacher from the Perspectives of Turkish Preparatory School Students. from http://www.ardaarika.com
Arisandi, A., & Vanissa, R. (2020). Motivational Factors to Become EFL Teachers. JELITA, 1(2), 1-11.
Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Azwar, S. (2005). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bloom, B. (1976). Human Characteristics and School Learning. New York: McGraw-Hill.
Fokkens-Bruinsma, M., & Canrinus, E. T. (2014). Motivation for becoming a teacher and engagement with the profession: Evidence from different contexts. International Journal of Educational Research, 65, 65-74.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students’ Motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.
Nesje, K., Brandmo, C., & Berger, J.-L. (2018). Motivation to Become a Teacher: a Norwegian Validation of the Factors Influencing Teaching Choice Scale. Scandinavian Journal of Educational Research, 62(6), 813-831. doi: 10.1080/00313831.2017.1306804
Purwanto, N. (2002). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Trianuri, R. P. (2015). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kelompok Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Homeroom Kelas XI IPS 3 SMA 1 Mejobo. (Doctoral Dissertation), Universitas Muria Kudus.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Weiss, J. (2006). Introduction: Virtual Learning and Learning Virtuality. In J. Weiss, J. Nolan, J. Hunsinger & P. Trifons (Eds.), The International Handbook of Virtual Learning Enviroment Part One (pp. 1-33). Dordrecht: Springer.