TEKNIK MANAJEMEN DIRI MENGATASI PERILAKU SISWA PELANGGAR DI SMA NEGERI 4 BARRU
Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan teknik manajemen diri dalam mengatasi perilaku siswa yang sering melanggar di SMA Negeri 4 Barru? Bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik manajemen diri dalam mengatasi perilaku siswa yang sering melanggar di SMA Negeri 4 Barru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Barru berjumlah 342, dengan sampel purposive sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi, pengambilan sampel secara random, serta analisis data menggunakan t tes. Pada penelitian inikategori sebelum perlakuan yang sangat tinggi ada 4 orang atau 13,3%, kategori tinggi sebanyak 4 responden atau 13,3%, kategori cukup sebanyak 11 responden atau 36,7%, rendah 7 responden atau 23,3%, dan sangat rendah ada 4 responden atau 13,3%. Pada pertemuan setelah perlakuan kategori sangat tinggi sebanyak 16responden atau 53,3%, kategori tinggi sebanyak 5 responden atau 16,7%, cukup 5 responden atau 16,7% kategori rendah sebanyak 2 responden atau 6,7%, kemudian kategori sangat rendah sebanyak 2 responden atau 6,7%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes âtâ untuk menguji dua hipotesis yaitu Ha (Hipotesis alternatif) dan H0 (hipotesis nihil), maka diketahui to(15) >tt (2,262).Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan teknik manajemen diri dalam mengatasi siswa yang sering melanggar di SMA Negeri 4 Barru sudah efektif. Atau Penerapan teknik manajemen diri dapat mengatasi atau berpengaruh terhadap perilaku siswa yang sering melanggar di SMA Negeri 4 Barru. Hal ini dapat dilihat pada persentase nilai pretes dan postes, dari kategori cukup menjadi sangat baik. Dan pada uji hipotesis dimana to lebih besar dari tt.
Downloads
References
Bimo Walgito. 2003. Psikologi Sosial. Andi. Yogyakarta
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia. Jakarta
Gantina Komalasari. 2011. Teori dan Teknik Konseling.Indeks.Jakarta
Muhammad Asrori. 2000. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara. Jakarta
Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta
Richard Nelson Jones. 2011. Keterampilan Konseling. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung.
S. Margono. 2005. Metodologi Peneliti Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta
Singgih D. Guanarso. 2006. Psikologi Keluarga. Alfabeta. Yogyakarta
Sunarto. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta. Jakarta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung