KONSELING INDIVIDU MEMBENTUK PRIBADI BERKARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 BARRU

  • Amiluddin Amiluddin SMA Negeri 2 Barru
Keywords: layanan koseling, konseling individu, pribadi berkarakter

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana layanan konseling individu dalam membentuk pribadi berkarakter siswa di SMA Negeri 2 Barru? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan konseling individu membentuk pribadi berkarakter siswa di SMA Negeri 2 Barru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian pre-eksperimen model pre-test post-test one group design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Barruyang berjumlah 778. Metode sampel adalah purposive sampling. Yang akan diteliti adalah siswa yang bermasalah pada persoalan karakter sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai persentase tertinggi yang diperoleh sebesar 33%yangberada pada interval 80-87. Hal ini berarti bahwa penerapan konseling pribadi siswa bermasalah pada perilaku dan karakter sebelum perlakuan berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Nilai persentase tertinggi yang diperoleh sebesar 33% yangberada pada interval 97-100. Ini berarti bahwa penerapan konseling pribadi siswa yang bermasalah pada perilaku dan karakter setelah diberikan perlakuan berada pada kategori sangattinggi atau baik sekali, pada uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa: ttabel 2,571< t0 4,59.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Terjadi peningkatan persentase nilai siswa dari sebelum dan sesudah perlakuan, pada pretes berkategori rendah dan sangat rendah, pada postes berkategori sangat tinggi. Dan terdapat perbedaan skor secara signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukannya konseling individu terhadap pembentukanpribadi berkarakter siswa di SMA Negeri 2 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Juntika Nurihsan. 2011. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Refika Aditama. Bandung
Arif Tiro. 2002. Statistika Dasar. Andira Publisher. Makassar
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa IndonesiaEdisi Keempat, GramediaPustakaUtama, Jakarta.
Fenti Hikmawati. 2011. Bimbingan Konseling. Raja Grafindo Persada. Jakarta
H.D. Iriyanto. 2012. Learning Metamorphosis Hebat Gurunya Dahsyatnya Muridnya. Erlangga. Jakarta
Khaeruddin dan Erwin Akib. 2006. Metode Penelitian. PPS UNISMUH. Makassar
Kamaruddin Hasan, 2014. Membangun Kultur Sekolah. Semarang. Bina Karya Utama
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Prayitno. 2005. Layanan Konseling Individu. Rineka Cipta. Bandung
Riduwan. 2007.Belajar Mudah Penelitian. Al Fabeta. Bandung.
S. Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta. Bandung
Syamsu Yusuf, LN dan A. Juntika Nurihsan. 2010.Landasan Bimbingan dan Konseling, Remaja Rosdakarya, Jakarta
Published
2020-10-28
How to Cite
Amiluddin, A. (2020). KONSELING INDIVIDU MEMBENTUK PRIBADI BERKARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 103-113. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/85