ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERILAKU FOMO GENERASI MILENIAL

  • Denis Pravita Yunarti Universitas PGRI Madiun
Keywords: Media Sosial, Perilaku Fomo, Generasi Milenial

Abstract

Penelitian ini berfokus pada "Analisis Dampak Media Sosial Pada Perilaku Fomo Generasi Milenial", karena mereka adalah kelompok yang paling sering digunakan sosial media dan memengaruhikehidupan mereka. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial memengaruhi perilaku gomo generasi milenial. Penelitian ini enelitian ini mengkaji berbagai sumber literatur. akademik. Hasil studi mengkonfirmasi penggunaan media sosial yang media sosial yang intens secara penting berhubungan dengan tingkat emosionalitas yang lebih tinggi. Selain itu, variabel seperti frekuensi penggunaan, jenis platform media sosial, dan tujuan penggunaan (seperti untuk hiburan, informasi, atau interaksi sosial) turut mempengaruhi tingkat Fomo. Studi ini juga menemukan bahwa Fomo dapat menyebabkan perilaku kompulsif seperti memeriksa pembaruan secara teratur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aresti, N. G., Lukmantoro, T., & Ulfa, N. S. (2023). Pengaruh Tingkat Fear of Missing Out (FoMO) dan Tingkat Pengawasan Orang Tua terhadap Tingkat Kecanduan Penggunaan TikTok pada Remaja. Interaksi Online, 11(3), 272-284.

Akbar, R. S., Aulya, A., Psari, A. A., & Sofia, L. (2019). Ketakutan akan kehilangan momen (FoMO) pada remaja kota Samarinda. Psikostudia J. Psikol, 7(2), 38.

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221-236.

Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan media sosial (fomo) pada generasi milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 86-106.

Clairine, A., Lestari, E. I. D., & Wiyono, E. N. (2023). Pengaruh Fear Of Missing Out (FoMO) Terhadap Pola Perilaku Mahasiswa Sebagai Pengguna Media Sosial Di Wilayah Universitas Jember. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(4), 127-139.

Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM: pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 331-357.

Christina, R., Yuniardi, M. S., & Prabowo, A. (2019). Hubungan tingkat neurotisme dengan fear of missing out (FoMO) pada remaja pengguna aktif media sosial. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 105-117.

Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis intensitas penggunaan media sosial dan social environment terhadap perilaku FoMo. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11-20.

Deborah, I., Oesman, Y. M., & Yudha, R. T. B. (2022). Social media and impulse buying behavior: The role of hedonic shopping motivation and shopping orientation. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(1), 65-82.

Monanda, R. (2017). merupakan sebuah media baru yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Media sosial. Jom Fisip, 4(2), 4.

Komariah, K., Tayo, Y., & Utamidewi, W. (2022). Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada Remaja. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3463-3471.

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71-82.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sachiyati, M. (2023). Fenomena Kecanduan Media Sosial (Fomo) Pada Remaja Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(4).

Purwanto, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Fear Of Missing Out (Fomo) di Kalangan Siswa Sma Negeri 1 Wajo. Precise Journal of Economic, 3(1), 105-111.

Taswiyah, T. (2022). Mengantisipasi Gejala Fear of Missing Out (FoMO) Terhadap Dampak Sosial Global 4.0 dan 5.0 Melalui Subjective Weel-Being dan Joy of Missing Out (JoMO). Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1).

Taufik & Amir. (2023). Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438

Utami, F. P. (2022). Peran Mindfulness Untuk Mengatasi Fear Of Missing Out (Fomo) Media Sosial Remaja Generasi Z: Tinjauan Literatur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(2).

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.

Published
2024-10-19
How to Cite
Pravita Yunarti, D. (2024). ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL PADA PERILAKU FOMO GENERASI MILENIAL. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 31-41. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/842