ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGRADASI MORAL PADA ANAK DENGAN POLA PENGASUHAN ORANGTUA TUNGGAL

  • Widya Nurlita Universitas PGRI Madiun
Keywords: Degradasi Moral, Orangtua Tunggal, Pola Asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab degradasi moral pada anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal, dengan fokus pada pengaruh pola pengasuhan serta lingkungan sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, mengkaji berbagai sumber akademik dan penelitian terdahulu untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi moralitas anak dalam konteks pengasuhan orangtua tunggal. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor psikologis, seperti tekanan emosional dan kurangnya perhatian, serta ketidakstabilan ekonomi dan kurangnya pengawasan, secara signifikan berkontribusi terhadap penurunan moral anak. Selain itu, pola pengasuhan yang diterapkan, seperti pengasuhan otoritatif, permisif, atau otoriter, juga memiliki dampak penting tehadap perkembangan moral anak. Lingkungan sosial dan pergaulan, termasuk pengaruh teman sebaya, sekolah, dan masyarakat, turut mempengaruhi moralitas anak dengan cara yang kompleks. Penelitian ini merekomendasikan penerapan gaya pengasuhan yang lebih efektif dan dukungan komprehensif dari pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral anak-anak dari keluarga dengan orangtua tunggal..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, F. D., & Listyani, R. H. (2024). Motif Ibu Single Parent Dalam Mendidik Kemandirian Anak di Desa Mejoyolosari Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Paradigma, 13(2), 111-120.

Amir & Taufik. (2024). Pengaruh Antara Keharmonisan keluarga dengan Kemandirian Siswa di Sekolah. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659

Aprilia, W. (2013). Resiliensi Dan Dukungan Sosial Pada Orang Tua Tunggal (Studi Kasus Pada Ibu Tunggal Di Samarinda). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3).

Ariani, A. I. (2019). Dampak Perceraian Orang Tua Dalam Kehidupan Sosial Anak. Phinisi Integration Review, 2(2), 257-270.

Arsyad, K. M. (2019). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Perilaku Agama Dan Sosial. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 66-88.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Fakhri, A., Sayyidina, R. Z., & El Jasmine, S. (2023, August). Peran Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal Dalam Mengasuh Anak: Perspektif Gender Dalam Keluarga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 1).

Faturohman, N., & Afiati, E. (2022). Manajemen Pengasuhan Dan Perilaku Disiplin Anak. Manajemen Pengasuhan Dan Perilaku Disiplin Anak, 7(1), 50-58.

Fitri, J. (2021). Upaya Guru Bk Untuk Pencegahan Degradasi Moral Siswa Smk Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).

Ghalif, M. (2024). Pola Asuh Orang Tua Pekerja Dan Dampaknya Terhadap Degradasi Moral Remaja Perspektif Psikologi Keluarga Islam (Studi Kasus Di Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Intan Mayora, M. A. Y. (2020). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Degradasi Moral Remaja Melalui Layanan Informasi Pada Peserta Didi Kelas X Di Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Jannah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Degradasi Moral Sopan Santun Pada Siswa Kelas V Sd X Guguk Malalo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(01), 48-55.

Lestari, D. W. P. (2019). Subjective Well-Being Pada Ibu Tunggal Dewasa Awal Yang Bercerai. Acta Psychologia, 1(1), 15-22.

Lestari, S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Prenada Media.

Masi, L. M. (2021). Analisis Kondisi Psikologis Anak Dari Keluarga Tidak Utuh Pada Siswa Sma Pgri Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 214-226.

Nabilah, R. T., & Nofriza, F. (2024). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Tunggal Terhadap Anak Tunggal Keluaga Ibu “J” Di Kelurahan Kp. Bulak Cinangka. Journal Of Scientech Research And Development, 6(1), 624-636.

Noviandari, H., & Rini, G. E. (2023). Perceraian Dan Peran Single-Parent Perempuan Di Kabupaten Banyuwangi. Bimbingan Dan Konseling Banyuwangi, 2(1), 1-7.

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Pagarwati, L. (2020). Profil Pendidikan Karakter Anak Dengan Pengasuhan Orang Tua Tunggal (Single Parent). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 68-80.

Prasetiya, A. O. (2017). Tinjauan Psikologi Keluarga Terhadap Degradasi Moral Di Desa Purwosari Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur (Doctoral Dissertation, Iain Metro).

Purwasih, Y. (2023). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Degradasi Moral Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 1(2), 161-171.

Rahadi, A. D., & Devitri, A. (2024). Upaya Penanganan Kenakalan Remaja Dalam Keluarga Broken Home Pada Perspektif Agama Islam. Jip: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 377-392.

Rahmi, A., & Januar, J. (2019). Pengokohan Fungsi Keluarga Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Degradasi Moral Pada Remaja. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 62-68.

Rantiana, R. (2021). Relevansi Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu).

Retnowati, Y. (2021). Pola Komunikasi Dan Kemandirian Anak: Panduan Komunikasi Bagi Orang Tua Tunggal. Mevlana Publishing.

Rustina, S. A., & Suharnis, M. P. (2022). Sosialisasi Anak Pada Keluarga Single Parents. Penerbit Adab.

Saragih, A., Butarbutar, G. A., Simanullang, A. Z., Hutabarat, W. J., & Nababan, D. (2024). Pengalaman Remaja Dalam Keluarga Tunggal: Dampak Dan Strategi Adaptasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Emosional. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 1251-1258.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Siswanto, D. (2020). Anak Di Persimpangan Perceraian: Menilik Pola Asuh Anak Korban Perceraian. Airlangga University Press.

Suhartini, J. D., & Malik, A. (2024). Pola Asuh Ibu Tunggal Dalam Keberhasilan Pendidikan Anak. Jendela Pls: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 86-101.

Ulfah, A. A., & Fauziah, P. Y. (2020). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Tunggal Pada Anak Usia Dini. Jiv-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 153-160.

Ulfiah, U. (2021). Konseling Keluarga Untuk Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 69-86.

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Vegasari, F. A. (2020). Coping Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Di Dusun Pondok Desa Sendang Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Jogja Green School. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9.

Published
2024-10-19
How to Cite
Widya Nurlita. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGRADASI MORAL PADA ANAK DENGAN POLA PENGASUHAN ORANGTUA TUNGGAL. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 16-30. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/841