STIGMA NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING

  • Latiffa Musyarofatul Wahidah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Partono Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Bimbingan dan Konseling, Stigma Negatif, Kode Etika

Abstract

Bimbingan Konseling sendiri memiliki makna suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh ahli (konselor atau guru BK) kepada klien (konseli atau peserta didik) yang bertujuam membantu menyelesaikan dan mencari jalan keluar suatu permasalahan yang dialami oleh konseli baik masalah pribadi, karir, maupun sosial. Tujuan umum bimbingan dan konseling yaitu membantu individu mengembangkan diri secara optimal sesuai potensi didalam dirinya. Peran guru BK yang sesungguhnya ialah menjadi sahabat peserta didik. Sahabat yang dapat diartikan teman bercerita keluh kesah dari peserta didik atau konseli yang memiliki beban permasalahan dalam hidupnya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dengan subjek dan objek penelitian di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus, Pati. Hasil penelitian menyatakan peserta didik mayoritas memiliki stigma negatif terhadap guru BK dikarenakan kurangnya sosialiasi tentang peran guru BK yang sesungguhnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvi, Amalia, and Mafufah Hastin. 2019. “STIGMA GURU BIMBINGAN KONSELING (Mengubah Mainset Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Keterampilan Komunikasi Interpersonal).” Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik) 3(1):11–14. doi: 10.26740/bikotetik.v3n1.p11-14.

Ardianto, Yoni. 2019. “Memahami Metode Penelitian Kualitatif.” Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

ardiyansyah, M, Abdul Muid. 2023. “UPAYA MEMINIMALISIR PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BK DI MTSN 2 BANDA ACEH.” 1–14.

Ayu, Nazari, and MSH Khairulyadi. 2017. “Pengaruh Stigma Terhadap Perubahan Perilaku Remaja (Studi Terhadap Stigma Negatif Remaja Mukim Kongsi Gampong Kuta Barat Kota Sabang).” JIM FISIP Unsyiah 3(1):232–43.

Dalimunthe, Yolanda Putri, and Ali Daud Hasibuan. 2023. “Mengubah Stigma Negatif Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Informasi Di Mts N 1 Labuhanbatu.” Cakrawala Jurnal Pendidikan 17(1):42–51.

Eni Rakhmawati. 2023. “Bimbingan Dan Konseling Dalam Perspektif Pendidikan: Aktualisasi Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Indonesia.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam 15(2):162–83. doi: 10.62490/latahzan.v15i2.347.

Fitria, Dwi Rizky, Yusi Riksa Yustiana, and Ahman Ahman. 2024. “Stigma Negatif Pada Guru Bk Karena Etika Profesi.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 10(April):82–90.

HARDI PRASETIAWAN. 2016. “PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN RAMAH ANAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SEJAK USIA DINI_Angelin Masintan Br Sitorus_190103001_PKAUD_A.” Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 04:42–49.

Jannah, M., Alam, F. A., & Taufik, T. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 27-38.

Kamaluddin, H. 2011. “Bimbingan Dan Konseling Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 17(4):447–54. doi: 10.24832/jpnk.v17i4.40.

Kartika MR, Galuh Nashrullah. 2018. “Perspektif Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam.” NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam 1(2):95. doi: 10.23971/njppi.v1i2.906.

Manurung, Kosma. 2022. “Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi.” FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3(1):285–300. doi: 10.55772/filadelfia.v3i1.48.

Marlia, Ani, Nur Ainun Fadhilah, Monica Pertiwi, Muhammad Hasan Yusuf, Nova Suci Wulandari, Sella Mustika Sari, Muhammad Randi Pratama S, and Safitri Ani. 2023. “PERAN BIMBINGAN KONSELING DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) : PENERAPAN DAN SOLUSI DI MAN 2 PALEMBANG SIGNIFICANT : Journal of Research And Multidisciplinary Peran Bimbingan Konseling Dan Pendidikan Agama Islam ( PAI ) : Penerapan Dan Solusi Di Man 2 Pal.” 02:312–21.

Nasution, Fauziah, Mutia Adella, Ichsani Walidaini, Mahyuni Harahap, and Lisna Marselina. 2023. “Pendidikan Remaja Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Dan Peran Guru Bimbingan Konseling .” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):39–47. doi: 10.47467/elmujtama.v4i1.3133.

Nuzliah, Nuzliah, and Irman Siswanto. 2019. “Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan Dan Konseling.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 5(1):64. doi: 10.22373/je.v5i1.8172.

Partono, Partono, Hesti Nila Wardhani, Nuri Indah Setyowati, Annuriana Tsalitsa, and Siti Nurrahayu Putri. 2021. “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14(1):41–52. doi: 10.21831/jpipfip.v14i1.35810.

Putri, Annisha Nada, and Yarmis Syukur. 2023. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru BK Dengan Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):25116–23.

Rachmawati Rachmawati, Nadia Aulia Nadhirah, and Nandang Budiman. 2023. “Perspektif Guru Mata Pelajaran Terhadap Profile Profesi Guru BK Dikaitkan Dengan Kaidah Etik BK.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 2(2):197–208. doi: 10.55606/concept.v2i2.308.

Rahim, Maryam, Irvan Usman, and Meiske Puluhulawa. 2018. “Kecerdasan Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan Dari Perspektif Bimbingan Dan Konseling Belajar ).” Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI 4–6.

Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, and Universitas Komputer Indonesia. n.d. BUKU AJAR LAYANAN BIMBINGAN KONSELING.

Sartini. 2016. “Upaya Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Terhadap Guru BK Melalui Layanan Informasi Di Kelas X MIA 4 MAN 3 MEDAN.”

Sunaryo, Kartadinata, and Muh Farozin. 2006. “Penetapan Kode Etik Profesi Bimbingan Dan Konseling Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia (Abkin).” (April 2005):324–32.

Suswanto, Nuzliah &. Irman. 2019. “Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan Dan Konseling Nuzliah & Irman Siswanto 2.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 5(1):64–75.

Widyarto, Wikan Galuh, and Machsun Rifauddin. 2020. “Problematika Anak Pekerja Migran Di Tulungagung Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 5(3):91–103. doi: 10.17977/um001v5i32020p091.

Wiwin Yuliani. 2018. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan 2(1):1–10. doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

YARMIS SYUKUR, NEVIYARNI, TRIAVE NUZILA ZAHRI. 2019. BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH. Purwakarta: CV. IRDH.

Yusman, Ahmad Fauzan, Neviyarni Suhaili, and N. Herman. 2021. “Pelaksanaan Program Layanan Konseling Dengan Pendekatan Lintas Budaya Dan Seni Implementation Of A Counseling Service Program With A Cross - Cultural And Arts Approach.” Jurnal … 10:1–8.

Published
2024-10-19
How to Cite
Wahidah, L. M., & Partono. (2024). STIGMA NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING . Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 89-98. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/839