STUDI TENTANG PERGAULAN SOSIAL SISWA INTROVER DI SMP NEGERI 3 TANETE RIAJA

  • Hasanuddin Hasanuddin STKIP Muhammadiyah Barru
  • Aswandi Aswandi STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: pergaulan sosial, pergaulan siswa, siswa introver

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pergaulan sosial siswa introver di SMP Negeri 3 Tanete Riaja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginvestigasi pergaulan sosial siswa introver di SMP Negeri 3 Tanete Riaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian berjumlah 3 orang anak yang terindikasi melakukan pemalakan. Teknik analisis menggunakan data reduction, data  display, conclusion atau drawing/verification, dan triangulasi data. Hasil penelitian dibagi menjadi dua. Pertama adalah pemaparan wawancara subjek atau klien. Tahap berikutnya adalah analisis pada setiap klien sesuai dengan kasus pemalakan yang dihadapinya. Kemudian terakhir adalah membuat kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah tentang bagaimana pergaulan sosial siswa introver di SMP Negeri 3 Tanete Riaja, sehingga berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pergaulan sosial siswa introver di SMP Negeri 3 Tanete Riaja dipengaruhi faktor antara lain faktor kebiasaan, faktor dorongan orang tua dan lingkungan, dan faktor rasa tidak percaya diri siswa introver.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (1993). Pendidikan dari Masa ke Masa. Bandung: Armico.
Amani, J., & Sima, R. (2015). The Status of Career Counselling Services in Higher Learning Institutions in Tanzania. International Journal of Education and Social Science, 2(8), 18–28. www.ripknet.org
Anna, Y. R. (1944). Guidance and Perronnel Services in Education. Ithaca, N. Y.: Cornell University Press.
Assyifadelya. (2012). Bakat Khusus. from https://assyifadelya.wordpress.com/2012/12/13/bakat-khusus/
Baddu, H. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa SMP Negeri I Liliriaja Kabupaten Soppeng. from http://eprints.unm.ac.id/4701/1/PENERAPAN%20KONSELING%20KELOMPOK%20DALAM%20MENINGKATKAN%20SELF%20ESTEEM%20SISWA%20SMP%20NEGERI%20I%20LILIRIAJA%20KABUPATEN%20SOPPENG.pdf
Bano, S., Cisheng, W., Khan, A. N., & Khan, N. A. (2019). WhatsApp use and student’s psychological well-being: Role of social capital and social integration. Children and Youth Services Review, 103, 200–208. doi: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.06.002
Branden, N. (1992). The Power of Self-esteem. Florida: Health Communication, Inc.
Bryson, C. (2014). Understanding and Developing Student Engagement. Devon, UK: Swales & Willis Ltd.
Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danny, I., & Yatim, I. (2008). Kepribadian Keluarga Narkotika. Bandung: Alfabeta.
Drigas, A. S., & Papoutsi, C. (2018). A New Layered Model on Emotional Intelligence. Behavioral Sciences, 8(5).
Fan, J. (2016). The role of thinking styles in career decision-making self-efficacy among university students. Thinking Skills and Creativity, 20, 63–73. doi: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.03.001
Gallagher, K. T. (1994). Epistemology: Philosophy of Knowledge. Yogyakarta: Kanisius.
Gallois, C., Ogay, T., & Giles, H. (2005). Communication accommodation theory: A look back and a look ahead. In W. B. Gudykunst (Ed.), Theorizing about culture and communication (pp. 121-148 ). Thousand Oaks, CA: Sage.
Gardner-Chloros, P. (2010). Contact and code-switching (Raymond Ed.). Malden, MA & Oxford: Blackwell Riley.
Gerungan, W. A. (2000). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco.
Gunarsa, Y. S. G. (2002). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Kaelan, M. S. (2005). Metode Penelitian Kualitatif bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Kartono, K. (2008). Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
Makmun, A. S. (2006). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks CA: Sage Publication.
Moleong, L. (2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Robbert, K. Y. (2004). Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo.
Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.
Suratno. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surya, M. (2000). Psikologi Perkembangan. Bandung: PPB FIP UPI.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-10-31
How to Cite
Hasanuddin, H., & Aswandi, A. (2020). STUDI TENTANG PERGAULAN SOSIAL SISWA INTROVER DI SMP NEGERI 3 TANETE RIAJA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 50-61. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/80