PENGARUH PENGELOLAAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA UPTD SMP NEGERI 6 BARRU

  • T Taufik STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • Amir STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
Keywords: pengelolaan, pengelolaan emosi, perilaku agresif

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa UPTD SMP Negeri 6 Barru, adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa UPTD SMP Negeri 6 Barru. Penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 183 responden, sedangkan jumlah sampel 18 responden diperoleh dengan teknik random sampling, adapun pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana, Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa UPTD SMP Negeri 6 Barru. Hal ini dapat dilihat bahwa penelitian ini menemukan garis regresi ????̂ = 18,1 + 0,59???? yang berarti bila pengelolaan emosi siswa ditambah atau dinaikkan maka diprediksi perilaku agresif siswa akan turun 0,59. Dan berdasarkan uji F yang menjelaskan bahwa Ftabel = 4,49 dan diketahui Fhitung = 11,85 Jadi Fhitung ≥ dari Ftabel, maka tolak Ho artinya signifikan. Dengan tertolaknya Ho (hipotesis nihil) yang selalu berbunyi negatif atau tidak ada pengaruh. Maka Ha (hipotesis alternatif) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang  signifikan antara kedua variabel.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, Hendriati, 2009. Psikologi Perkembangan (pendekatan Ekologi Kaitanya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja). Edisi Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.

Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., Hilgard, E.R. 1983. Pengantar Psikologi: Jilid 2. Alih bahasa: Taufiq Nurdjannah. Jakarta: Erlangga. (Edisi kedelapan)

Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (ed. 10). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Berkowitz, A., 2013, Patofisiologi Klinik Disertai Contoh Kasus Klinik, Diterjemahkan oleh Andry Hartono, Halaman 108, Tangerang, Binarupa Aksara

Crow and Crow, 2011.Psikologi Pendidikan.Terjemahan Abd. Rahman Aberor. Yogyakarta: Nur Cahaya

Dayakisni, T. dan Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan, 2010, psikologi sosial. Bandung : PT. Refika aditama

Sarwono, Sarlito W., Meinarno, Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Published
2023-10-30
How to Cite
Taufik, T., & Amir. (2023). PENGARUH PENGELOLAAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA UPTD SMP NEGERI 6 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 46-62. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/525