HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA

  • Rahmaniah Rahmaniah SMP Negeri 1 Tanete Riaja
Keywords: kontrol diri, prokastinasi, akademik

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 1 Tanete Riaja? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode atau teknik korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Tanete Riaja berjumlah 798, dengan sampel sebanyak 80 orang. Pada penelitian ini diketahui nilai koefisien korelasi adalah 0,4 yang berarti cukup kuat, dan berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan mencari nilai t dengan α = 0,05 dan n = 80 maka dk= n-2 = 80-2 = 78, sehingga diperoleh ttabel = 1,990(berdasarkan distribusi nilai t dapat dilihat pada lampiran) Ternyata thitung lebih besar dari ttabel, atau 4,1 >1,990 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antar kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Besar hubungan antar keduanya adalah 0,4 yang berarti antara kontrol diri dan prokrastinasi memiliki hubungan yang cukup kuat. Sementara pada pengujian hipotesis dengan melihat besaran t hitung, maka diketahui bahwa ternyata thitung lebih besar dari ttabel, atau 4,1 > 1,990.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Balsam, K. F., Beauchaine, T. P., Rothblum, E. D., & Solomon, S. E. (2008). Three-year follow-up of same-sex couples who had civil unions in Vermont, same-sex couples not in civil unions, and heterosexual married couples. Developmental Psychology, 44(1), 102.
Ghufron, N., & Risnawati, R. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Haryanto, H., Weda, S., & Nashruddin, N. (2018). Politeness principle and its implication in EFL classroom in Indonesia. XLinguae: European Scientific Language Journal, 11(4), 90-112. doi: 10.18355/XL.2018.11.04.09
Kartono, K. (2008). Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
Khaeruddin, & Akib, E. (2006). Metode Penelitian. Makassar: PPS UNISMUH.
Margono. (2005). Metodologi Peneliti Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.
Novritalia, K., & Maimunah, S. (2014). PERILAKU PROKASTINASI AKADEMIK SISWA AKSELERASI DENGAN REGULER SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 89-102.
Nugrasanti, R. (2011). Provite Locus of Control dan Prokrastinasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Al Fabeta: Bandung.
Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres. Bandung: Rosda Karya.
Sandiman. (2006). Interaksi dan Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. (2016). Hubungan antara Psikologi Perkembangan dengan Keperawatan terhadap Anak dalam Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2).
Published
2020-06-07
How to Cite
Rahmaniah, R. (2020). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 10-18. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/52