PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA UPTD SMP NEGERI 33 BARRU

  • Miftahul Jannah STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • Fiptar Abdi Alam STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • T Taufik STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
Keywords: Layanan, Bimbingan Kelompok, Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 33 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 29 peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan 29 respoden, dengan teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, kuosioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Pada penelitian ini setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana, maka nilai nilai regresi dari pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik adalah y = 18,70+0,71X Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa signifikasi kedua variabel dengan melakukan uji F menggunakan aplikasi SPSS 25 sehingga diperoleh nilai Fhitung = 44,99 dan Ftabel = 4,21. Jadi diperoleh Fhitung> Ftabel. Berdasarkan kaidah sigifikasi maka berarti tolak Ho terima Ha yang artinya bimbingan kelompok (x) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan disiplin belajar (y) di kelas VIII di UPTD SMP Negeri 33 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chupp, G. L., Bradford, E. S., Albers, F. C., Bratton, D. J., Wang-Jairaj, J., Nelsen, L. M., & Ten Brinke, A. 2017. Efficacy of mepolizumab add-on therapy on healthrelated quality of life and markers of asthma control in severe eosinophilic asthma. The Lancet Respiratory Medicine, 5(5), 390-400

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Pembelaran Siswa. Deepublish. Yogyakarta

Hidayati, F. H. & Firsta, A. 2021. Students’ Discipline in Mathematics Learning During Covid-19 Pandemic. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol. 5. No. 2. Hlm. 392-394. Diakses pada 30 Agustus 2021

Khasanah, N., & Aspin. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Bening, 5(2)

Maliki. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Suatu Pendekatan Imajinatif. Kencana Jakarta

Matussolikhah, R. & Brillian, R. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2. No. 2. Hlm 226-234. Diakses pada 30 Agustus 2021

Munawar. 2021. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring Peserta Didik SMAN 1 Kembang Tanjong Pidie. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Banda Aceh

Pradana, A. P. T. 2020. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik modeling Terhadap Peningkatan konsep Diri Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Magelang

Prayitno, d. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok ( pp.99-104). Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Rajawali Pers. Jakarta

Rohman, F. 2018. Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94

Saefuddin, A. & Ika, B. 2014. Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Sari, B, & Hadijah, H. S. 2017. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233-241.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta

Solihin. 2017. Pengaruh Kedisiplinan terhadap Prestasi Siswa SMAN 1 Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jom FISIP. Vol. 4, No. 1. Hlm. 6-10. Diakses pada 13 Oktober 2020

Suardi, M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. CV Budi Utama. Yogyakarta

Sugiyono . (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Penerbit Alfabeta.

Supriyati, N. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Secara Online Selama Masa COVID-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. (SKRIPSI). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau, Pekanbaru.

Suryani, L. 2017. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112–124

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Prenadamedia Group. Jakarta

Tria, M. & Surdin, 2017. Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari : Jurnal Peneliian Pendidikan Geografi 1(1).

Tu'u, T. 2018. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Grasindo ( Gramedia Widiasarna Indonesia). Jakarta.

Wibowo, NAK., Maulana, MA & Susanto, B. 2019. PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1). Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/Advice

Yuliyantika, S. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI & XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 201/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44

Published
2023-10-30
How to Cite
Jannah, M., Abdi Alam, F., & Taufik, T. (2023). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA UPTD SMP NEGERI 33 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 27-38. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/516