PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK

  • Reski Amamalia STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • Fiptar abdi alam STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • T Taufik STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
Keywords: Peran keluarga, Perilaku

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana peran keluarga dalam membentuk perilaku anak dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga dalam membentuk perilaku anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Data variabel dalam penelitian ini dikumpulkan dari berbagai literatur atau pustaka dengan membaca, menelaah dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang relevan dengan topik pembahasan. Dan menggunakan metode dengan menelusuri website/situs yang menyediakan berbagai data dan informasi yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu Pemeriksaan data (editing ), Tabulasi data (Tabulating), Rekonstruksi data  (Recontruking), Sistematika data  (sistematizing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peranan sangat penting dalam membentuk perilaku anak yaitu dengan (1) mengoptimalkan potensi yang ada pada anak yakni pendengaran, penglihatan dan hati, (2) berinteraksi sesuai kadar kemampuan dan pengetahuan anak, (3) memberikan teladan yang baik pada anak yaitu sopan santun dalam berbicara dan tingkah laku, (4) membimbing untuk bertanggung jawab sebagai anak menghormati orang tua dan sebagai pelajar menghormati guru, (5) memberikan motivasi kepada anak (6) mengajarkan disiplin diri dan waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Dali Gulo. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Grasindo. Jakarta

Dorasy Endah Hyoscyamina, 2011. Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.Fakultas Psikologi Universitas. Diponegoro.

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya.

Khasanah, I. A. (2018). Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak Studi Kasus atas Dampak Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas III SDN Segulung 05 Dagangan Madiun (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Johnson B, Nelson J. 2004. Practical Measurements for Evaluation in Physical

Education. Macmillan Publishing Company. New York

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Moh. Shochib, Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mendisiplinkan Diri

(Jakarta: Rineka Cipta, 2000), 17-18.

Notoatmodjo, 2011. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Oktaviana, L. (2015). Hubungan Antara Konformitas Dengan Kecenderungan Perilaku Bulliying. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suyanto, 2008. Menjelajah Pembelajara Inovatif. Gramedia. Jakarta

Susilowati, Eva Teguh. 2010. Hubungan Minat Menonton Tayangan Film Kartun Laga di Televisi dengan Agresivitas Siswa SDN Ngimbang Palang Tuban. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Tidak Diterbitkan).

Thomas Lickona, 2016. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara. Jakarta.

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo

Wolfman, B.S., 1992. Peran kaum wanita: Bagaimana menjadi cakap dan seimbang dalam aneka peran. Yogyakarta: Kanis

Published
2023-10-30
How to Cite
Reski Amamalia, Fiptar abdi alam, & Taufik, T. (2023). PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1-13. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/515