PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN SISWA YANG KURANG BERPRESTASI

  • Amir STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • Hady AS STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • A. Jaya Alam STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
  • Harfinah Famitha STKIP MUHAMMADIYAH BARRU
Keywords: Peran Guru, kepercayaan diri, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa peran guru Bk dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa yang kurang prestasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanete Riaja dengan jumlah sampelnya sebanyak 60 siswa responden. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data kuesioner/angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan Hasil analisis persentase berdasarkan jawaban responden secara kolektif menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memiliki peranan yang cukup baik dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa yang kurang berprestasi di SMP Negeri 1 Tanete Riaja, karena guru selalu melaksanakan tugasnya dengan baik dalam memberikan bimbingan dan bantuan kepada peserta didik dalam upaya mengatasi setiap masalah yang dihadapi oleh siswa. Guru selalu membantu siswa dalam menyelesaikan masalah siswa hal ini ditunjukkan oleh data bahwa dari 60 responden sebanyak  58  orang  (96,67%),  sering tidak ada (0%), kadang-kadang sebanyak 2 orang (3,33%), dan tidak ada responden yang menjawab tidak pernah (0%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peranan bimbingan dan konseling dalam hal ini guru membantu siswa dalam menyelesaikan masalah siswa sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex Sobur, 2003. Psikologi Umum. Pustaka Setia. Bandung

Bimo Walgito, 2010. Bimbingan dan Konseling. (Studi dan Karir). Andi Offset Yogyakarta

Dwi Lasitosari, 2007. Keefektifan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa yang Tidak Naik Kelas. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Hasibuan, Moedjiono, 2006. Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung

Kusmintardjo, 2007, Pendidikan Dan Pelatihan “Manajemen Layanan Khusus Sekolah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Muhibbin Syah, 2009. Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Mustaqim, Abdul Wahib, 2003. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Prayitno, Erman Amti, 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

Riduwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Bandung

Stein Steven J, Book Howard E, 2002. Ledakan EQ ; 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, Kaifa. Bandung

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Sukardi, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Sulaiman, Razak Daruma, 2008. Profesi Keguruan. FIP-UNM. Makassar

Syamsu Yusuf, Juntika Nurihsan, 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya. Bandung

Thantaway, 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta. Jakarta

Yatim Riyanto, 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Prenada Media. Jakarta

Published
2023-10-30
How to Cite
Amir, AS, H., Alam, A. J., & Famitha, H. (2023). PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN SISWA YANG KURANG BERPRESTASI. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 14-26. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/498