PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 BARRU

  • Fiptar Abdi Alam STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: tingkat pendidikan, perhatian, kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu apakah pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 3 Barru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan angka-angka sebagai patron penentu dalam mencapai hasil perhitungan dalam penelitian. Adapun jenis penelitian ini adalah ex post fact. Dengan sampel 21 orang siswa, analisis data menggunakan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang sgnifikan antara Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Barru. Hal ini dapat diketahui dari uji signifikansi kedua variabel dari varibel tingkat pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan siswa (Y) yaitu nilai (2,14 > 2,10) maka Ho ditolak, kemudian uji signifikansi antara variabel perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa yaitu nilai t hitung > t tabel (2,15> 2,10) maka Ho ditolak. Nilai regesi yang terbentu adalah Y’ =  19,8 + 0,45X1 + 0,32X2  yang berarti jika tingkat pendidikan (X1) dan perhatian orang tua (X2) nilainya adalah 0, maka kedisiplinan (Y’) akan diprediksi meningkat 19,83, dan perhatian orang tua (X2) sebesar 0,38; artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan mengalami kenaikan 1%, maka kedisiplinan siswa (Y’) akan mengalami peningkatan sebesar 19,8.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ametembun, N. A. (2001). Manajemen Kelas. Bandung: FKIP IKIP Bandung.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, L. (2009). Cara Belajar Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Hamalik, O. (2005). Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
Irianto, A. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Kadir. (2004). Penuntun Belajar PPKN. Bandung: Ganeca Exact.
Mas’udi, A. (2000). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Tiga Serangkai.
Nashruddin, N., Alam, F. A., & Harun, A. (2020). Moral Values Found in Linguistic Politeness Patterns of Bugis Society. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 132-141.
Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.
Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.
Prasetyo, B., & Miftahuljannah, L. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Al Fabeta: Bandung.
Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subari. (2004). Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Perbaikan Situasi Belajar). Jakarta: Bina Aksara.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujanto, A. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aksara Baru.
Sukardi, D. K. (2000). Proses Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Walgito, B. (2004). Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Publisher.
Published
2020-04-02
How to Cite
Abdi Alam, F. (2020). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/48