PENGARUH KEADAAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BARRU
Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah ada pengaruh keadaan lingkungan tempat tinggal dengan motivasi dan kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 2 Barru. Jumlah sampel 33 orang dengan pengambilan random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui pengaruh keadaan lingkungan tempat tinggal terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Barru telah menemukan garis regresi yang dapat berarti bahwa bila keadaan lingkungan tempat tinggal ditingkatkan pengaruhnya maka motivasi belajar siswa diprediksi akan bertambah 0,22. Dengan uji signifikansi tolak Ho artinya signifikan yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel keadaan lingkungan tempat tinggal dengan motivasi belajar siswa, dan pengaruh keadaan lingkungan tempat tinggal dengan kreativitas belajar siswa di SMA Negeri 2 Barru telah melahirkan garis regresi linear yang dapat berarti bahwa jika keadaan lingkungan tempat tinggal ditambah atau ditingkatkan maka hanya akan berpengaruh pada kreativitas belajar siswa sebesar 0,05, dengan nilai ini maka tidak terbentuk garis linearitas yang memadai, hal ini juga terlihat pada uji sinifikanis dimanaterima Ho artinya tidak signifikan atau tidak terdapat pengaruh variabel keadaan tempat tinggal dengan kreativitas belajar siswa.
Downloads
References
Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Handoko, M. (1992). Motivasi, Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.
Irianto, A. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Khaerani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Makmun, A. S. (2006). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students' Motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.
Prasetyo, B., & Miftahuljannah, L. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soejono, S. (2003). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.
Sun, P. K. (2010). The Power of Creativity: Mengubah yang Terbatas Menjadi Tak Terbatas. Yogyakarta: Andi.
Suryabrata. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.
Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Willis, S. S. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.