HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN SISWA BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SMP NEGERI I TANETE RIAJA

  • Nur Amaliah Halid STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: kecerdasan, kecerdasan emosional, bersosialisasi

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Siswa Bersosialisasi di Lingkungan Sekolah Pada SMP Negeri I Tanete Riaja. Jumlah sampel 66 orang siswa dengan analisis data korelasi product moment.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa bersosialisasi di lingkungan sekolah pada SMP Negeri I Tanete Riaja berada pada nilai rxy 0,91. Hal ini berarti bahwa hubungan atau yang terjadi  “sangat kuat”. Dengan demikian, hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa bersosialisasi di lingkungan sekolah pada SMP Negeri I Tanete Riaja ditolak, dengan demikian maka hipotesis alternatif yang menyatakan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa bersosialisasi di lingkungan sekolah pada SMP Negeri I Tanete Riaja diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chatib, M. (2011). Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Goleman, D. (2002). Working with Emotional Intelligence (Terjemahan). Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D., & Widodo, A. T. (1999). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

James, M., Black, P., Carmichael, P., Conner, C., & Dudley, P. (2006). Learning How to Learn: Tools for Schools. New York: Routledge.

Khaeruddin, & Akib, E. (2006). Metode Penelitian. Makassar: PPS UNISMUH.

Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students' Motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Al Fabeta.

Saphiro, L. E. (2000). Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Suharsono. (2002). Melejitkan IQ, IE, IS. Depok: Inisiasi Press.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Published
2019-12-18
How to Cite
Halid, N. A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN SISWA BERSOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SMP NEGERI I TANETE RIAJA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 40-47. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/28