PENGARUH KEMAMPUAN DALAM PENGELOLAAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA SMA NEGERI 1 BARRU

  • Paharuddin Paharuddin STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: pengelolaan, pengelolaan emosi, perilaku agresif

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kemampuan dalam pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa SMA Negeri 1 Barru. Jumlah sampel adalah 73 orang dengan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diketahui bahwa terdapatpengaruh kemampuan dalam pengelolaan emosi terhadap perilaku agresif siswa SMA Negeri 1 Barru. Hal ini dapat dilihat bahwa penelitian ini menemukan garis regresi  yang berarti bila kemampuan pengelolaan emosi siswa ditambah atau dinaikkan maka diprediksi perilaku agresif siswa akan turun 0,17. Dan berdasarkan uji F yang menjelaskan bahwa Ftabel = 3,98   dan diketahui Fhitung = , Jadi Fhitung> dari Ftabel, maka tolak Ho artinya signifikan. Dengan tertolaknya Ho (hipotesis nihil) yang selalu berbunyi negatif atau tidak ada pengaruh. Maka Ha (hipotesis alternatif) diterima sehingga terdapat pengaruh signifikan antara kedua variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Dayakisni. (2003). Psikologi Sosial. Malang: UMM.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Djaali, H. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto, H., Weda, S., & Nashruddin, N. (2018). Politeness principle and its implication in EFL classroom in Indonesia. XLinguage" european Scientific Language Journal", 11(4), 90-112.

Irianto, A. (2006). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Nugroho, T. (2013). Pendekatan Scientific Model dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21-40.

Prasetyo, B., & Miftahuljannah, L. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sabat, S. R. (2010). Flourishing of the self while caregiving for a person with Dementia: A case study of education, counseling, and psychosocial support via email. Dementia, 10(1), 81-97. doi: 10.1177/1471301210392986

Sarlito. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyarta, S. L. (2000). Hubungan Pola Asuh OrangTua terhadap Agresivitas Remaja. Paper. Pascasarjana UNPAD. Bandung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rinneka Cipta.

Wirawan. (2000). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Woolfolk, A. (2001). Educational Psychology (8th ed.). United States: A Pearson Education Company.

Published
2019-12-18
How to Cite
Paharuddin, P. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN DALAM PENGELOLAAN EMOSI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA SMA NEGERI 1 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 32-39. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/27