HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BARRU

  • Abd. Kahar Yunus STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: kedisiplinan, motivasi, minat belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan antara penerapan kedisiplinan terhadap motivasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Barru. Penentuan sampel dalam penelitian ini diambil secara proportional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan kedisiplinan terhadap motivasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Barru, hal ini dapat dilihat pada nilai signifikansi pada nilai t hitung dan t tabel yaitu  thitung lebihbesar dari ttabel, atau 3,5 > 1,988.Kekuatan hubungan antara kedisiplinan terhadap motivasi dalam menumbuhkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Barru mencapai angka 0,4 yang berarti hubungan tersebut berada pada kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Gagne, R. M. (2008). Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Haryanto, H., Weda, S., & Nashruddin, N. (2018). Politeness principle and its implication in EFL classroom in Indonesia. XLinguage" european Scientific Language Journal", 11(4), 90-112.

Iskandar, Y. (2003). Tes Bakat, Minat, Sikap, dan Pesonaliti. Jakarta: MMPI-Yayasan Dharma Graha.

Khaeruddin, & Akib, E. (2006). Metode Penelitian. Makassar: PPS UNISMUH.

Margono. (2005). Metodologi Peneliti Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nashruddin, N., Ningtyas, P., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students' Motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nugroho, T. (2013). Pendekatan Scientific Model dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21-40.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Al Fabeta.

Soedjono. (2000). Pengantar Psikologi untuk Studi Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Sumiati. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.

Published
2019-12-18
How to Cite
Yunus, A. K. (2019). HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 16-22. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/25