MENGATASI PRAKTIK PEMALAKAN DI UPTD SMP NEGERI SATAP 16 BARRU
Abstract
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu apa yang menjadi penyebab pemalakan yang terjadi di UPTD SMP NegeriI Satap 16 Barru? Layanan bimbingan dan konseling apa yang dilakukan pada anak yang pemalak di UPTD SMP NegeriI Satap 16 Barru? Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyebab pemalakan yang terjadi di UPTD SMP NegeriI Satap 16 Barru dan layanan bimbingan dan konseling apa yang dilakukan pada anak yang pemalak di UPTD SMP NegeriI Satap 16 Barru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 orang anak yang terindikasi melakukan pemalakan. Teknik analisis menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing/ verification, dan triangulasi data. Hasil penelitian dibagi menjadi pemaparan wawancara subjek atau klien, tahap berikutnya adalah analisis pada setiap klien sesuai dengan kasus pemalakan yang dihadapinya. Kemudian terakhir adalah membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: Perilaku pemalakan yang dilakukan oleh siswa diakibatkan oleh intervensi kelompok yang kuat pada siswa kasus, sehingga kelompok memberikan model pada siswa kasus berupa kegiatan pemalakan di sekolah. Guru bimbingan dan konseling dapat memberikan layanan baik kelompok maupun individu dengan pengawasan dan pemantauan yang intensif terhadap proses follow up bimbingan dan konseling. Hal lain adalah melibatkan seluruh stakeholder sekolah termasuk orang tua untuk mengawasi siswa dalam kegiatannya di sekolah dan di lingkungan sekitarnya.
Downloads
References
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Fenti Hikmawati. (2011). Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
John W. Santrock. (2007). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Lexy J. Moleong. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Muhammad Rifai. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syamsu Yusuf, LN. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yin Robbert K. (2004). Studi Kasus. Jakarta: Raja Grafindo.