STRATEGI BIMBINGAN KARIR DALAM MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA PENYANDANG DISABILITAS

  • Kherin Ednanda Institut Agama Islam Samarinda
Keywords: Strategi bimbingan, karir, siswa penyandang disabilitas

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi bimbingan karir dalam merencanakan studi lanjut siswa penyandang disabilitas guna untuk mencapai pemahaman tentang studi mereka, sehingga mereka mampu untuk memilih dan menentukan karir mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi SLB Negeri Ruhui Rahayu Samarinda dalam bimbingan karir dalam merencanakan studi lanjut siswa penyandang disabilitas dan juga faktor  penghambat siswa penyandang disabilitas Di SLB Negeri Ruhui Rahayu Samarinda untuk melanjutkan studi dengan menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bahan penguat penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi bimbingan karir terhadap studi lanjut siswa disabilitas di SLB Negeri Ruhui Rahayu Samarinda menggunakan beberapa strategi sebagai bahan penguatan siswa untuk melanjutkan studinya antara lain : pemberian bimbingan belajar, bimbingan keterampilan seperti Pemahaman IT dan menjahit dan juga pemberian motivasi bagi siswa namun dalam pelaksanaannya tidak mudah karena kurangnya guru keterampilan, perubahan mood saat belajar dan juga jauhnya akses studi sehingga menjadi ke khawatiran dari orang tua untuk bisa memberikan izin anaknya  melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awwad, Muhammad. “Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 4, no. 1 (2015): 46–64.“Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Islam | Fikruna.” Accessed March 12, 2022.

Amir & Taufik. 2024. Pengaruh Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Kemandirian Siswa Di Sekolah. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/659

Ellemmia, Lorenza Pradana. “Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pemenuhanan Hak Politik Penyandang Disabilitas Mental Pada Pemilu 2019 Dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas (Studi Di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesawaran).” Phd Thesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.

Idris, Ridwan. “Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 12, no. 2 (2009): 152–72.

Lestari, Indah. “Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 3, no. 1 (2017).

Nida, Fatma Laili Khoirin. “Membangun Konsep Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 2, no. 1 (2018): 45–64.

Rahardjo, Mudjia. “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,” 2011.

Ridha, Assyakhirah Nur. “Manajemen Prasarana Untuk Anak Disabilitas Di Pendidikan Inklusif,” 2020.

Setiyowati, Eny. “Hubungan Efektivitas Bimbingan Karir Dan Orientasi Masa Depan Dengan Keputusan Karir Remaja.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Taufik, T. (2021). Limitasi Stres Akademik Siswa SMP Negeri di Kabupten Barru. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 113-122.

Taufik, Amir, 2023. Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438

Trimaya, Arrista. “Upaya Mewujudkan Penghormatan, Pelindungan, Dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.” Jurnal Legislasi Indonesia 13, no. 4 (2018): 401–9.

Wahyuni, Siti. “Perkembangan Anak Disabilitas (Anak Tunarungu Belajar Melalui Metode Oral).” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 1 (2018): 122–34.

Widinarsih, Dini. “Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Perkembangan Istilah Dan Definisi.” Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial (Journal of Social Welfare) 20, no. 2 (2019).

Yatmiko, Febri, Eva Banowati, and Purwadi Suhandini. “Implementasi Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal of Primary Education 4, no. 2 (2015): 77–84.

Published
2024-04-06
How to Cite
Kherin Ednanda. (2024). STRATEGI BIMBINGAN KARIR DALAM MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA PENYANDANG DISABILITAS. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 91-98. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/666