PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 4 SINJAI

  • Rosdiana Rosdiana SMA Negeri 4 Sinjai
Keywords: confrontation, kepercayaan diri, teori belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, dan untuk meningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, melalui teknik confrontation. Jenis penelitian yang dipilih adalah jenis penelitian eksperimen. Model yang digunakan pre-experiment design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sinjai sebanyak 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini, tampak bahwa penerapan teknik confrontation merupakan teknik yang sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada pemberian teknik confrontation, siswa belajar tentang teori belajar yang dirancang untuk membantu para siswa memiliki keyakinan kemampuan diri, sikap optimis dalam menghadapi segala hal tentang diri dan kemampuannya, bersikap objektif, memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki pemikiran rasional dan realistis. Teknik confrontation merupakan keterampilan konselor membantu konseli untuk menyadari adanya kesenjangan antara kata dan perbuatan atau bahasa badan, pikiran, tindakan dan perasaan konseli sehingga konseli dapat merubah perilakunya menjadi terarah dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2008). Percaya Diri Pada Remaja. Jakarta: Khalifa.
Azwar, S. (2005). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey, G. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Diniah, K. (2017). Efektifitas Pelatihan Teknik Konfrontasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Kompetensi Sosial Guru Bimbingan dan Konseling dengan Siswa Autis di Yogyakarta. (Thesis), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Erford, B. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ghufron, & Risnawati. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hakim. (2011). Mengatasi rasa percaya diri. Jakarta: Purwa Suara.
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Istadi. (2007). Rasa Percaya Diri. Jakarta: Renika Cipta.
Khaerudin, A. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Emosi melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role Playing pada Remaja di Panti Asuhan Nuril Haq. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Nashruddin, N. (2019). TEKNIK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA NON-JURUSAN BAHASA INGGRIS. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.
Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). INCREASING THE STUDENTS’MOTIVATION IN READING ENGLISH MATERIALS THROUGH TASK-BASED LEARNING (TBL) STRATEGY (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.
Nurnaningsih. (2011). Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Edisi Khusus, 1(1).
Pratiwi, & Laksmiwati. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa Negeri XI IPS SMA Negeri 1 Porong. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1).
Prayitno. (2005). Layanan Konseling Individu. Padang: FIP Universitas Negeri Padang.
Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.
Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rinneka Cipta.
Tohirin. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-06-07
How to Cite
Rosdiana, R. (2020). PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 4 SINJAI. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 19-33. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/53