HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI DUNIA KERJA MODERN

Sebuah Studi Korelasional di SMK Negeri 2 Barru

  • Usman Usman STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: layanan bimbingan karier, kesiapan siswa, dunia kerja

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah ada hubungan layanan bimbingan karier dengan kesiapan siswa menghadapi dunia kerja modern di SMK Negeri 2 Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan bimbingan karier dengan kesiapan siswa menghadapi dunia kerja moderen di SMK Negeri 2 Barru. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 761. Sampel berjumlah 76 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferential. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi data variabel layanan bimbingan karier diperoleh sebesar 0,988. Nilai ini berarti hubungan layanan bimbingan karier dengan kesiapan siswa menghadapi dunia kerja moderen di SMK Negeri 2 Barru berada pada kategori sangat tinggi. Penetapan hubungan tersebut berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi yang berada antara 0,80 - 1,00. Dengan demikian terdapat hubungan positif antara hubungan layanan bimbingan karier dengan kesiapan siswa menghadapi dunia kerja moderen di SMK Negeri 2 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2005). Penelitian Kependidikan Prosedur Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (2007). Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Menjelang Abad 21. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Nashruddin, N. (2019). TEKNIK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA NON-JURUSAN BAHASA INGGRIS. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.
Pandang, A. (2001). Mendekatkan Siswa dengan Dunia Kerja (Suatu Strategi Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan). Makalah. FIP IKIP, Ujung Pandang.
Prayitno. (2000). Pengawasan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2008). Mandiri Belajar Statistical Product dan Sevice Solution Untuk Analisis Statistik dan uji Statistik. Media ComJakarta: Media Com.
Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. N. (2003). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remadja Karya CU.
Sudjana. (2000). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukardi, D. K. (2003). Bimbingan dan Penyuluhan, Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Sukardi, D. K., & Sumiati. (2004). Kamus istilah Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya: Usaha Nasional.
Surya, M. (2008). Bimbingan untuk Mempersiapkan Generasi Muda Memasuki Abad 21. Pidato Pengukuhan Guru Besar. IKIP Bandung, Bandung.
Tiro, A. (2002). Statistika Dasar. Makassar: Andira Publisher.
Wingkel, & Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yokyakarta: Andi Offset.
Zuhdi, H. (2019). Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja. from https://kalselpos.com/2019/12/kesiapan-siswa-memasuki-dunia-kerja/
Published
2020-04-02
How to Cite
Usman, U. (2020). HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER DENGAN KESIAPAN SISWA MENGHADAPI DUNIA KERJA MODERN. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 12-19. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/49