PENGARUH KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG TIDAK NAIK KELAS

  • Hasanuddin Hasanuddin STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: bimbingan kelompok, sosiodrama, kepercayaan diri

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keefektifan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa yang tidak naik kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang tidak naik kelas. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif.subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa yang tidak naik kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor psikologis anak yang tidak naik kelas yaitu kepercayaan menurun (1) siswa tidak berani tampil di muka umum, (2) siswa kurang bergaul, (3) siswa kurang percaya diri. Jadi semua masalah siswa seperti tidak berani tampil di muka umum,siswa kurang bergaul, dan siswa kurang percaya percaya diri dapat diatasi dengan bimbingan sosiodrama. Setelah penelitian memberikan layanan bimbingan kelompok melalui sosiodrama, maka menunjukkan perubahan berupa (1) siswa sudah berani tampil di depan muka, (2) siswa sudah bisa bergaul, dan (3) siswa sudah percaya diri atau sudah bisa menerima keadaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, S. (2001). Statistik 2. Yokyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Manrihu, M. T. (2001). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Munandir. (2001). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Nashruddin, N. (2019). TEKNIK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA NON-JURUSAN BAHASA INGGRIS. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.
Prayitno. (2008). Mandiri Belajar Statistical Product dan Sevice Solution Untuk Analisis Statistik dan uji Statistik. Media ComJakarta: Media Com.
Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudrajat, A. (2008). Pendidikan, Bimbingan dan Konseling. 3. from http;//www.ditplb.or.id/profile.php
Sukardi, D. K. (2003). Bimbingan Karier di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Wingkel, & Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yokyakarta: Andi Offset.
Published
2020-04-02
How to Cite
Hasanuddin, H. (2020). PENGARUH KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG TIDAK NAIK KELAS. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 43-49. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/45