PENGARUH PERSEPSI KONSELOR SEBAGAI POLISI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI SISWA UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA SMA NEGERI 2 BARRU

  • Yusuf Mange STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: persepsi, konselor, motivasi

Abstract

Permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi konselor sebagai polisi sekolah terhadap motivasi siswa untuk mendapatkan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA Negeri 2 Barru. Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden diperoleh dengan teknik penarikan teknik proportional random sampling, adapun instrumen pengumpulan data digunakan adalah teknik angket, wawancara, dan observasi, sementara teknik analisis data menggunakan rumus korelasi sederhana. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) model regresi sederhana yang terbentuk dalam penelitian ini adalah dengan model ini dapat diprediksi bahwa jika semakin tinggi persepsi konselor sebagai polisi sekolah maka motivasi siswa untuk mendapatkan pelayanan bimbingan dan konseling akan naik 0,12. (2) Terdapat pengaruh persepsi konselor sebagai polisi sekolah terhadap motivasi siswa untuk mendapatkan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa SMA Negeri 2 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Rohani, A. (2000). Bimbingan dan Konseling Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anas, M. (2007). Psikologi Sosial. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M. (2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Gagne, R. M. (2008). Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Handoko, M. (1992). Motivasi, Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.

Khaeruddin, & Akib, E. (2006). Metode Penelitian. Makassar: PPS UNISMUH.

Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students' Motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian Tugas Terstruktur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-13.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama. Bandung.

Prayitno. (2005). Layanan Konseling Individu. Padang: FIP Universitas Negeri Padang.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi: Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2000). Perspektif Bimbingan Konseling dan Penerapannya diberbagai Institusi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Sukardi, D. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunyoto, D. (2010). Uji Khi Kuadrat dan Regresi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tohirin. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Umar, M., & Sartono. (2001). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, S. L. N., & Nurihsan, A. J. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2019-12-18
How to Cite
Mange, Y. (2019). PENGARUH PERSEPSI KONSELOR SEBAGAI POLISI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI SISWA UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA SMA NEGERI 2 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 62-68. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/31