PENGARUH KONTROL DIRI DALAM MENGANTISIPASI KECENDERUNGAN SISWA BERMASALAH DI SMA NEGERI 1 BARRU

  • Nashruddin Nashruddin STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: kontrol diri, siswa bermasalah

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah ada pengaruh kontrol diri dalam mengantisipasi kecenderungan siswa bermasalah di SMA Negeri 1 Barru. Sampel penelitian 100 orang siswa dari pengambilan sampel random sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa di SMA Negeri 1 Barru, proses pembentukan kontrol diri yang dilakukan guru bimbingan dan konseling hanya 0,22. Hal ini berarti bahwa hubungan atau pengaruh yang terjadi “lemah”. Dan berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai rxy=0,224, jika hasil ini dikonsultasikan dengan harga kritik korelasi product moment person dengan db 100-2 =98, maka diperoleh hasil analisis (rxy) lebih besar dari nilai kritik/harga kritik korealasi product moment person 0,224> dari 0,195. Dengan demikian, hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada pengaruh kontrol diri dalam mengangtisipasi kecenderungan siswa bermasalah ditolak, dengan demikian maka hipotesis alternatif yang menyatakan ada pengaruh kontrol diri dalam mengantisipasi kecenderungan siswa bermasalah diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-18
How to Cite
Nashruddin, N. (2019). PENGARUH KONTROL DIRI DALAM MENGANTISIPASI KECENDERUNGAN SISWA BERMASALAH DI SMA NEGERI 1 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 54-61. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/30