PELAKSANAAN COGNITIVE BEHAVIORAL MODIFICATION (CBM) DALAM MENGATASI SISWA YANG SERING BOLOS DI SMP NEGERI 2 BARRU

  • Muhammad Passalowongi STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: efektivitas, cognitive behavioral modification, membolos

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah pelaksanaan cognitive behavioral modification (CBM) efektif dalam mengatasi siswa yang sering bolos di SMP Negeri 2 Barru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan cognitive behavioral modification (CBM) dalam mengatasi siswa yang sering bolos di SMP Negeri 2 Barru.Populasi pada penelitian iniadalah kelas VII dan VIII yang berjumlah sebanyak 328 siswa, sedangkan sampel adalah 10 siswa khusus yang sering bolos diperoleh dengan teknik penarikan sampel yaitupurpossive sampling atau sampel bertujuan, instrumen pengumpulan data digunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi sementara teknik analisis data menggunakan rumus t-tes atau uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara nilai x dan y yaitu pretes dan nilai postes. Nilai tersebut setelah di masukkan dalam rumus t tes, maka nilai ttabel dan to adalah: to (8,81) > tt (2,262) karena to lebih besar dari tt maka hipotesis Nihil yang diajukan ditolak; ini berarti bahwa ada perbedaan antara nilai pretes dan nilaii postes tentang pelaksanaan konseling cognitive behavioral modification (CBM) di SMP Negeri 2 Barru. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan cognitive behavioral modification (CBM) efektif dalam mengatasi siswa yang sering bolos di SMP Negeri 2 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Corey, G. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fathurrohman, P., & Sobry, M. S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gunarsa, Y. S. G. (2002). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Haryanto, H., Weda, S., & Nashruddin, N. (2018). Politeness principle and its implication in EFL classroom in Indonesia. XLinguage" european Scientific Language Journal", 11(4), 90-112.

Latipun. (2005). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Nashruddin, N., Ningtyas, P. R., & Ekamurti, N. (2018). Increasing the Students’motivation in Reading English Materials through Task-Based Learning (TBL) Strategy (A Classroom Action Research at the First Year Students of SMP Dirgantara Makassar). Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 44-53.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Al Fabeta.

Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Al Fabeta.

Tohirin. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2019-12-18
How to Cite
Passalowongi, M. (2019). PELAKSANAAN COGNITIVE BEHAVIORAL MODIFICATION (CBM) DALAM MENGATASI SISWA YANG SERING BOLOS DI SMP NEGERI 2 BARRU. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1-8. Retrieved from http://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/23